Sat Reskrim Polres Bogor Ungkap Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang Berkedok Yayasan Puan Harap Anggota BPK Terpilih Perkuat Pencegahan Kerugian Keuangan Negara H.Irvan Eka Mulyana Rayakan Ulang Tahun Untuk Putri Tercinta Umat Islam Penuhi Lapangan Tegar Beriman Saat Gelaran Tabliqh Akbar Malam Cinta Rasul Menyambut Maulid Rasul Perlu di Pertanyakan Kwalitasnya? Belum Selesai Dibangun, Ruas Betonisasi Jalan Karadenan – Pomad Sudah Retak dan Patah?

Home / TNI-Polri

Minggu, 24 Juli 2022 - 12:15 WIB

Arung Bungin ke XXIV Berikan Keris Kepada Cucu Langsung dari Andi Mappanyukki Raja Bone ke-32

Makassar – Arung Bungin ke XXIV YM. Muhammad Yakub Abbas, didampingi YM. Prof. Dr. H. Hanna, M.Pd., yang berasal dari wilayah Kabupaten Enrekang memberikan cendramata berupa Keris kepada Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H., Cucu Langsung dari Andi Mappanyukki Raja Bone ke-32.

Keris itu diserahkan pada Selasa (19/07/2022) disaat usai pelantikan dan pengukuhan DPW MAKN Sulsel di Balai Manunggal M. Jusuf Jl. Jend. Sudirman Makassar.

Arung Bungin ke XXIV YM. Muhammad Yakub Abbas ini juga merupakan Dewan Kerajaan DPW MAKN Sulsel dan YM. Prof. Dr. H. Hanna, M.Pd., sebagai Dewan Pakar DPW MAKN Sulsel setelah dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) YM. KPH Eddy S Wirabhumi.

BACA JUGA  Kegiatan Launching Aplikasi Prakarsa

Pada kesempatan tersebut Pangdam sempat berbincang dengan YM. Muhammad Yakub Abbas terkait keris yang diterimanya. Jenderal bintang dua ini pun mengucapkan terima kasih atas pemberian dari Arung Bungin ke XXIV.

YM. Yakub menuturkan bahwa Keris yang diberikan tersebut merupakan bentuk silaturahim dengan Bapak Pangdam, dimana Pangdam Hasanuddin merupakan keturunan langsung dari Raja Bone ke-32 Andi Mappanyukki.

BACA JUGA  Sholat Dhuhur Bersama Pangdam Hasanuddin Berikan Ceramah di Masjid Nurul Badar Manggala Kota Makassar

“Ini merupakan bentuk silaturahim kami dengan Bapak Pangdam, apalagi Mayjen Andi Muhammad merupakan keturunan langsung dari Raja Bone ke-32 Andi Mappanyukki,” Ungkapnya.

Lebih lanjut YM. Yakub menjelaskan tentang sejarah ataupun asal usul daripada Arung Bungin dan makna pemberian Keris yang dilakukannya.

“Arung Bungin adalah dari Torrok ri Latimojong yang asalnya dari Kaluppinik dimana Kaluppinik dan Torrok ri Latimojong dan Mangkauk ri Bone adalah satu titisan darah dari satu leluhur pada zaman dimana masih diyakininya yang bernama to Manurung, sehingga pemberian Keris melambangkan penghargaan kepada para Sesepuh dalam Kerajaan di Sulsel,” Jelasnya.

BACA JUGA  Kapolda Sulsel Pimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gel II 2022

“Di mana Kerajaan Bone adalah salah satu Kerajaan induk oleh Maiwa, Kaluppinik dan Bungin setelah melepaskan diri dari Kerajaan Luwu pada saat Bungin di bawah Panglimanya yaitu To Assa ri Bungin untuk bergabung dengan Kerajaan Bone ketika itu,” Tambahnya.

Usai penyerahan Keris dilanjutkan sesi foto bersama dengan Pengurus DPW MAKN Sulsel perwakilan dari Kabupaten Enrekang. (Red/MI)

Share :

Baca Juga

TNI-Polri

Wujudkan Harapan Warga Di Papua, Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Bantu Membangun Rumah

Cimahi

Pangdam Siliwangi Uji Coba Senjata Modifikasi Prajuritnya

TNI-Polri

Memperingati Hari Bakti TNI AU Ke-75, Pangkoopsud I Pimpin Ziarah dan Tabur Bunga di TPU Karet Bivak

Enrekang

Kabintaljarahdam XIV/Hsn Sambangi Kodim 1419/ Enrekang Gelar Pembinaan Mental Ideologi dan Kejuangan

TNI-Polri

Dandim 1012/Buntok Cek Lokasi TMMD Menggunakan Perahu

Medan

Pangdam I/BB Hadiri Pelantikan dan Pengukuhan Panitia Inti PB PON XXI/2024 Sumut-Aceh Wilayah Sumut

TNI-Polri

Pangdam Hasanuddin Resmikan Koramil Lanrisang Kodim 1404/Pinrang

TNI-Polri

Sukseskan Acara Gawai Rumpun Dayak, Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Karya Bhakti Bersama Tomas, Todat dan Warga Perbatasan