Ketiga kalinya Jasiman Sitorus, S.Kom., MM Terpilih kembali menjadi Ketum Sitorus Bogor Dohot Boruna Worskhop DPC AJWI, Bangun Sinergitas Dengan APWMI Dengan Memberikan Fasilitas Free Premi BPJS Bagi Peserta Pelatihan Llt Bupati Bogor Ingin Optimalkan Keberadaan Hutan Kota Pakansari Untuk Jaga Keseimbangan Ekosistem Lingkungan Sekjen Kemendagri Minta Jajaran Sekda Jalankan Tugas Bantu Kepala Daerah Bertemu Lindsay Hoyle di Inggris, Puan Minta Tak Ada Diskriminasi Produk RI

Home / TNI-Polri

Minggu, 24 Juli 2022 - 12:15 WIB

Arung Bungin ke XXIV Berikan Keris Kepada Cucu Langsung dari Andi Mappanyukki Raja Bone ke-32

Makassar – Arung Bungin ke XXIV YM. Muhammad Yakub Abbas, didampingi YM. Prof. Dr. H. Hanna, M.Pd., yang berasal dari wilayah Kabupaten Enrekang memberikan cendramata berupa Keris kepada Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H., Cucu Langsung dari Andi Mappanyukki Raja Bone ke-32.

Keris itu diserahkan pada Selasa (19/07/2022) disaat usai pelantikan dan pengukuhan DPW MAKN Sulsel di Balai Manunggal M. Jusuf Jl. Jend. Sudirman Makassar.

Arung Bungin ke XXIV YM. Muhammad Yakub Abbas ini juga merupakan Dewan Kerajaan DPW MAKN Sulsel dan YM. Prof. Dr. H. Hanna, M.Pd., sebagai Dewan Pakar DPW MAKN Sulsel setelah dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) YM. KPH Eddy S Wirabhumi.

BACA JUGA  Puan Ajak Masyarakat Dukung Tim Indonesia di Asean Para Games XI

Pada kesempatan tersebut Pangdam sempat berbincang dengan YM. Muhammad Yakub Abbas terkait keris yang diterimanya. Jenderal bintang dua ini pun mengucapkan terima kasih atas pemberian dari Arung Bungin ke XXIV.

YM. Yakub menuturkan bahwa Keris yang diberikan tersebut merupakan bentuk silaturahim dengan Bapak Pangdam, dimana Pangdam Hasanuddin merupakan keturunan langsung dari Raja Bone ke-32 Andi Mappanyukki.

BACA JUGA  Dansatgas Pamtas Yonif 645/GTY mengikuti Kunjungan Balas dan Kegiatan Unit Commanders Meeting (UCM) Seri 1/2022 di Kuching – Serawak Malaysia

“Ini merupakan bentuk silaturahim kami dengan Bapak Pangdam, apalagi Mayjen Andi Muhammad merupakan keturunan langsung dari Raja Bone ke-32 Andi Mappanyukki,” Ungkapnya.

Lebih lanjut YM. Yakub menjelaskan tentang sejarah ataupun asal usul daripada Arung Bungin dan makna pemberian Keris yang dilakukannya.

“Arung Bungin adalah dari Torrok ri Latimojong yang asalnya dari Kaluppinik dimana Kaluppinik dan Torrok ri Latimojong dan Mangkauk ri Bone adalah satu titisan darah dari satu leluhur pada zaman dimana masih diyakininya yang bernama to Manurung, sehingga pemberian Keris melambangkan penghargaan kepada para Sesepuh dalam Kerajaan di Sulsel,” Jelasnya.

BACA JUGA  Pangdam Siliwangi Uji Coba Senjata Modifikasi Prajuritnya

“Di mana Kerajaan Bone adalah salah satu Kerajaan induk oleh Maiwa, Kaluppinik dan Bungin setelah melepaskan diri dari Kerajaan Luwu pada saat Bungin di bawah Panglimanya yaitu To Assa ri Bungin untuk bergabung dengan Kerajaan Bone ketika itu,” Tambahnya.

Usai penyerahan Keris dilanjutkan sesi foto bersama dengan Pengurus DPW MAKN Sulsel perwakilan dari Kabupaten Enrekang. (Red/MI)

Share :

Baca Juga

TNI-Polri

TNI-Polri Gelar Geladi Pengamanan Tamu VVIP KTT G20 Di Bali

TNI-Polri

Memperingati Hari Bakti TNI AU Ke-75, Pangkoopsud I Pimpin Ziarah dan Tabur Bunga di TPU Karet Bivak

TNI-Polri

Sukseskan Acara Gawai Rumpun Dayak, Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Karya Bhakti Bersama Tomas, Todat dan Warga Perbatasan

Provinsi

Pangdam Hasanuddin Safari Subuh di Masjid Nurul Jihad Pettarani Makassar

TNI-Polri

Pimpin Apel Gelar Pasukan Pam VVIP RI-1, Pangdam XII/Tpr Harap Masyarakat Sambut Baik Kunjungan Presiden

Papua

Ringankan Beban Hidup Warga Di Papua, Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Bagikan Beras

TNI-Polri

Pangdam Hasanuddin Resmikan Koramil Lanrisang Kodim 1404/Pinrang

Makassar

Sholat Dhuhur Bersama Pangdam Hasanuddin Berikan Ceramah di Masjid Nurul Badar Manggala Kota Makassar