Sat Reskrim Polres Bogor Ungkap Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang Berkedok Yayasan Puan Harap Anggota BPK Terpilih Perkuat Pencegahan Kerugian Keuangan Negara H.Irvan Eka Mulyana Rayakan Ulang Tahun Untuk Putri Tercinta Umat Islam Penuhi Lapangan Tegar Beriman Saat Gelaran Tabliqh Akbar Malam Cinta Rasul Menyambut Maulid Rasul Perlu di Pertanyakan Kwalitasnya? Belum Selesai Dibangun, Ruas Betonisasi Jalan Karadenan – Pomad Sudah Retak dan Patah?

Home / Internasional

Minggu, 28 Agustus 2022 - 23:04 WIB

Maroko Panggil Dubes di Tunisia, Putuskan Tak Ikut KTT Ticad ke-8

Rabat, AJWI – Maroko memutuskan tidak berpartisipasi KTT TICAD ke-8 yang akan diadakan di Tunisia pada 27 dan 28 Agustus 2022.

Maroko akan memanggil Duta Besar di Tunisia untuk berkonsultasi, mengingat sikap negara itu dalam kerangka Jepang-Afrika Proses Forum Kerjasama, yang secara terang-terangan menegaskan permusuhannya terhadap Kerajaan, kata Kementerian Luar Negeri, Kerjasama Afrika dan Maroko di Luar Negeri pada Jumat (26/8/2022), dilansir laman mapnews.

BACA JUGA  Technician Education Can Fuel Financial Success

“Setelah baru-baru ini melipatgandakan posisi dan tindakan negatif terhadap Kerajaan Maroko dan kepentingannya yang lebih tinggi, sikap Tunisia dalam proses TICAD (Forum Kerjasama Jepang-Afrika) telah mengkonfirmasi permusuhannya,” kata pernyataan dari kementerian tersebut.

Bertentangan dengan saran Jepang dan melanggar proses persiapan dan aturan yang ditetapkan, Tunisia memutuskan secara sepihak untuk mengundang entitas separatis, menurut sumber yang sama.

Penerimaan yang diberikan oleh Kepala Negara Tunisia kepada pemimpin milisi separatis adalah tindakan serius dan belum pernah terjadi sebelumnya, yang sangat menyinggung perasaan rakyat Maroko dan pasukannya.

BACA JUGA  Pidato Lengkap Raja Maroko Saat Ultah Kenaikan Tahta ke 23

Menghadapi sikap bermusuhan dan merugikan terhadap hubungan persaudaraan yang selalu dijaga kedua negara, Kerajaan Maroko telah memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam KTT TICAD ke-8 yang akan diadakan di Tunisia pada 27 dan 28 Agustus dan untuk segera memanggil Duta Besar Yang Mulia Raja di Tunisia untuk berkonsultasi, lanjut pernyataan itu.

BACA JUGA  Menlu Maroko Naser Bourita dan Menlu Togo Resmi Buka Konsul di Dakhla

Keputusan ini tidak mempengaruhi, dengan cara apapun, ikatan yang kuat dan utuh antara masyarakat Maroko dan Tunisia yang terikat oleh sejarah bersama dan takdir bersama, kementerian bersikeras.

Keputusan ini tidak mempertanyakan keterikatan Kerajaan Maroko dengan kepentingan Afrika dan tindakannya di dalam Uni Afrika, juga tidak mempertanyakan komitmen Kerajaan dalam TICAD, pernyataan itu menyimpulkan.

Sumber: DPP AJWI

Share :

Baca Juga

Internasional

Menlu Maroko Naser Bourita dan Menlu Togo Resmi Buka Konsul di Dakhla

Internasional

Did You Know Your Eye Makeup Could Be Making You Sick?

Internasional

HRW Dinilai Maroko Sesatkan Opini Publik Terkait Laporan Terbaru

Internasional

Technician Education Can Fuel Financial Success

Internasional

Pidato Lengkap Raja Maroko Saat Ultah Kenaikan Tahta ke 23

Infrastruktur

SilverSneakers Fitness Program Improves Older Adult’s Physical and Mental Health

Internasional

How to Give Your 2016 Resolutions Staying Power

Internasional

Fix a Leak Week Reminds Us to Evaluate our Home Plumbing