Seorang Terduga Pelaku Curanmor Tertangkap Warga, Pihak Kepolisian Lakukan Penyidikan Percepat Realisasi APBD Sejak Awal Tahun, Kemendagri Turun Langsung ke Kota Sorong Ketiga kalinya Jasiman Sitorus, S.Kom., MM Terpilih kembali menjadi Ketum Sitorus Bogor Dohot Boruna Worskhop DPC AJWI, Bangun Sinergitas Dengan APWMI Dengan Memberikan Fasilitas Free Premi BPJS Bagi Peserta Pelatihan Llt Bupati Bogor Ingin Optimalkan Keberadaan Hutan Kota Pakansari Untuk Jaga Keseimbangan Ekosistem Lingkungan

Home / Internasional

Minggu, 28 Agustus 2022 - 23:04 WIB

Maroko Panggil Dubes di Tunisia, Putuskan Tak Ikut KTT Ticad ke-8

Rabat, AJWI – Maroko memutuskan tidak berpartisipasi KTT TICAD ke-8 yang akan diadakan di Tunisia pada 27 dan 28 Agustus 2022.

Maroko akan memanggil Duta Besar di Tunisia untuk berkonsultasi, mengingat sikap negara itu dalam kerangka Jepang-Afrika Proses Forum Kerjasama, yang secara terang-terangan menegaskan permusuhannya terhadap Kerajaan, kata Kementerian Luar Negeri, Kerjasama Afrika dan Maroko di Luar Negeri pada Jumat (26/8/2022), dilansir laman mapnews.

BACA JUGA  Bertemu Lindsay Hoyle di Inggris, Puan Minta Tak Ada Diskriminasi Produk RI

“Setelah baru-baru ini melipatgandakan posisi dan tindakan negatif terhadap Kerajaan Maroko dan kepentingannya yang lebih tinggi, sikap Tunisia dalam proses TICAD (Forum Kerjasama Jepang-Afrika) telah mengkonfirmasi permusuhannya,” kata pernyataan dari kementerian tersebut.

Bertentangan dengan saran Jepang dan melanggar proses persiapan dan aturan yang ditetapkan, Tunisia memutuskan secara sepihak untuk mengundang entitas separatis, menurut sumber yang sama.

Penerimaan yang diberikan oleh Kepala Negara Tunisia kepada pemimpin milisi separatis adalah tindakan serius dan belum pernah terjadi sebelumnya, yang sangat menyinggung perasaan rakyat Maroko dan pasukannya.

BACA JUGA  Bertemu Pimpinan Parlemen Qatar, Puan Dorong Peningkatan Investasi di RI

Menghadapi sikap bermusuhan dan merugikan terhadap hubungan persaudaraan yang selalu dijaga kedua negara, Kerajaan Maroko telah memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam KTT TICAD ke-8 yang akan diadakan di Tunisia pada 27 dan 28 Agustus dan untuk segera memanggil Duta Besar Yang Mulia Raja di Tunisia untuk berkonsultasi, lanjut pernyataan itu.

BACA JUGA  Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Kenegaraan Presiden Nguyễn Xuân Phúc di Istana Bogor

Keputusan ini tidak mempengaruhi, dengan cara apapun, ikatan yang kuat dan utuh antara masyarakat Maroko dan Tunisia yang terikat oleh sejarah bersama dan takdir bersama, kementerian bersikeras.

Keputusan ini tidak mempertanyakan keterikatan Kerajaan Maroko dengan kepentingan Afrika dan tindakannya di dalam Uni Afrika, juga tidak mempertanyakan komitmen Kerajaan dalam TICAD, pernyataan itu menyimpulkan.

Sumber: DPP AJWI

Share :

Baca Juga

Internasional

PKNU Korea Selatan Siap Anugerahkan Gelar Doktor Honoris Causa untuk Puan

Internasional

Presiden Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan Sekjen PBB

Internasional

Bertemu Ketua DPR Inggris, Puan Sampaikan Belasungkawa RI Atas Wafatnya Ratu Elizabeth II

Internasional

KTT ASEAN-Australia: Indonesia Ajak Australia Lakukan Kerja Sama Inklusif di Indo-Pasifik

Internasional

New Research Shows Big Opportunities for Small Businesses

Internasional

Presiden Jokowi Dorong Kerja Sama Konkret ASEAN-Kanada

Internasional

Bertemu Pimpinan Parlemen Qatar, Puan Dorong Peningkatan Investasi di RI

Internasional

Hadiri KTT ASEAN – Jepang, Presiden Jokowi Dorong Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik di ASEAN