Kejadian bencana Longsor diakibatkan Dinding Tebing Abrasi Tidak Sanggup Menahan Beban Bangunan Rumah Lestarikan Kebudayaan Sunda, DPRD Kota Bogor Bersinergi Dengan Pemkot Bogor Senator Fachrul Razi Terima Penghargaan Tokoh Nasional Inspiratif 2022 Polsek Parung Bergerak Cepat Amankan 4 Pelajar Terlibat Tawuran GSJA Wilayah VI Kabupaten Pasangkayu Menggelar Ibadah Perayaan Natal

Home / Serba Serbi

Jumat, 11 November 2022 - 10:20 WIB

Dewan Pers Dan Bareskrim Polri Melakukan Penandatanganan PKS atau MoU Untuk Melindungi Wartawan Agar Tidak Di Kriminalisasi Dalam Menjalankan Tugas Jurnalistik

AJWINEWS.CO.ID | JAKARTA – Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini merupakan Turunan Nota Kesepahaman (MoU) sebelumnya antara Dewan Pers dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Pada Hari Kamis (10/11/2022) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri dan Dewan Pers sepakat membuat PKS atau MoU agar Wartawan tidak di Kriminalisasi dalam menjalankan Tugas Jurnalistik.

PKS atau MoU yang ditandatangani di Gedung Bareskrim Mabes Polri pada Kamis (10/11/2022). Penandatanganan tersebut ditandatangani langsung oleh Kabareskrim Polri Komjen Pol. Agus Andrianto, S.H., M.H dan Komisi Hukum Dewan Pers Arif Zulkifli dengan disaksikan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pers M. Agung Dharmajaya beserta jajaran Dewan Pers dan sejumlah Direktur dari Satuan Kerja Bareskrim Polri.

BACA JUGA  BPI KPNPA RI Meminta Dengan Adanya Kasus Sambo Momentum Kapolri, Untuk Bersihkan Internal Polri Secara Menyeluruh Sudah Segera Dilakukan

Arif Zulkifli menjelaskan bahwa PKS atau MoU tersebut merupakan Pedoman bagi Dewan Pers dan Polri dalam pelaksanaan teknis Perlindungan Kemerdekaan Pers dan Penegakan Hukum terhadap Penyalahgunaan Profesi Wartawan. Dia berharap tidak ada lagi Wartawan yang dilaporkan ke Polisi menggunakan Regulasi atau Aturan selain UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers

“Dengan ditandatangani PKS atau MoU ini, diharapkan tidak ada lagi Kriminalisasi terhadap Wartawan ketika mengalami Sengketa dalam Pemberitaan,” Ujarnya..

Arif Zulkifli mengatakan bahwa Polri harus berkoordinasi dengan Dewan Pers jika menerima Laporan dari Masyarakat terkait Pemberitaan suatu Media. Menurutnya, hal itu harus dilakukan untuk menentukan apakah yang dilaporkan masuk dalam Kategori Karya Jurnalistik atau bukan.

BACA JUGA  Aksi Cepat Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Evakuasi Balita Demam Dan Kejang-Kejang

“Sengketa Pemberitaan hanya diselesaikan lewat UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers dengan direkomendasikan oleh Dewan Pers,” Kata Arif Zulkifli.;&

Menurut Plt. Ketua Dewan Pers Agung Dharmajaya saat ditemui usai Penandatanganan PKS atau MoU tersebut mengatakan bahwa Penandatanganan PKS atau MoU ini sebagai tindak lanjut Turunan dari PKS atau MoU Nomor : 02/DP/MoU/II/2017 antara Dewan Pers dengan Kapolri.

“Dewan Pers dan Kapolri telah menandatangani PKS atau MoU tentang Koordinasi dalam Perlindungan Kemerdekaan Pers dan Penegakan Hukum terkait Penyalahgunaan Profesi Wartawan pada Tahun 2017 dan setiap 3 (Tiga) Tahun sekali diperbaharui,” Ujarnya.

BACA JUGA  Pangdam III/Slw: “Bintara Harus Terlibat Dalam Kegiatan Di Tingkat Teknis Dan Pembuatan Perencanaan”

Lanjut, dijelaskan Agung Dharmajaya bahwa Penandatanganan PKS atau MoU dengan Bareskrim Polri sebagai Langkah Konkret untuk menjamin Wartawan dalam melakukan Kerja Jurnalistik di Lapangan.

Bahkan, ditegaskan oleh Agung Dharmajaya bahwa Para Pekerja Pers yang menjalankan Tugas Jurnalistik akan dilindungi Bareskrim Polri, jika terjadi Kriminalisasi terhadap Wartawan.

“Ini sudah jelas Konkret Bareskrim Polri dalam PKS atau MoU tersebut,” Tutup Agung Darmajaya.

Reporter/Editor : Muhammad Irwansyah.

Share :

Baca Juga

Serba Serbi

Escape to the Caribbean for Stress-Free Holidays

Serba Serbi

BPI KPNPA RI Meminta Dengan Adanya Kasus Sambo Momentum Kapolri, Untuk Bersihkan Internal Polri Secara Menyeluruh Sudah Segera Dilakukan

Serba Serbi

Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani Berikan Edukasi Pembuatan Tempe Kepada Masyarakat Perbatasan

Serba Serbi

Komisi III Sidak Pembangunan Blok I dan IV RSUD Kota Bogor

Serba Serbi

Pangdam I/BB Pimpin Upacara Ziarah Nasional Ke Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan

Serba Serbi

Mantan Wapres RI, Pangdam Hasanuddin dan Ustadz Das’ad Latif Jalan Santai

Serba Serbi

Prajurit Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Kembali Amankan 5 (Lima) Orang WNI Diduga (PMI) Pekerja Migran Indonesia Non Prosedural di Jalur Tidak Resmi (JTR)

Serba Serbi

PDI-P Kabupaten Bogor Berikan Bantuan Pengobatan Gratis dan Kacamata Gratis Untuk Lansia di Kecamatan Ciomas