Polsek Cibinong Bergerak Cepat Bubarkan Gerombolan Pelajar Bawa Sajam Hadiri Diskusi Publik Pekan HAM Kota Bogor, JM Ajak Partisipasi Masyarakat Jalankan Perda Perlindungan Disabilitas Peduli Korban Cianjur, DPRD Kota Bogor Salurkan Bantuan Melalui PWI dan Gerakan Anak Negeri Bertemu Pimpinan Parlemen Qatar, Puan Dorong Peningkatan Investasi di RI Presiden Jokowi Pastikan Pembangunan Rumah Warga Relokasi Gempa Cianjur Dimulai

Home / Nasional

Selasa, 4 Oktober 2022 - 14:25 WIB

DPR Sahkan Anggota Komnas HAM Terpilih, Puan: Semoga Hak-hak Perempuan Semakin Terjamin

Jakarta, MGA-DPR RI mengesahkan 9 calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI Periode 2022-2027. Ketua DPR RI Puan Maharani berharap semua anggota Komnas HAM terpilih itu dapat melindungi hak-hak rakyat secara maksimal, khususnya hak-hak perempuan.

Pengesahan calon anggota Komnas HAM RI Periode 2022-2027 dilakukan dalam Rapat Paripurna ke-8 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Agenda Rapat Paripurna pertama hari ini adalah menyetujui hasil Uji Kelayakan dan Kepatutan (fit and proper test) yang dilakukan Komisi III DPR mengenai 9 calon Anggota Komnas HAM pada 30 September lalu. Sebanyak 9 calon anggota Komnas HAM itu terpilih dari total 14 kandidat.

“Pimpinan Dewan mengucapkan selamat kepada calon Anggota Komnas HAM RI Periode 2022-2027. Semoga dapat menjalankan tugas dengan tanggung jawab dan amanah,” kata Puan yang memimpin Rapat Paripurna.

BACA JUGA  Dalam Rangka Peringatan Hari Santri Nasional, IDMI Bogor Raya Gelar Tabligh Akbar Dramaga Bersholawat

Adapun Anggota Komnas HAM terpilih tersebut adalah Atnike Nova Sigiro (Ketua), Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P. Siagian, dan Uli Parulian Sihombing. Terdapat tambahan jumlah anggota Komnas HAM periode 2022-2027 dengan harapan agar kinerja Komnas HAM semakin efektif dan lebih cepat dalam menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM.

Puan pun mengapresiasi terpilihnya Atnike Nova Sigiro sebagai Ketua Komnas HAM yang baru menggantikan Ahmad Taufan Damanik. Atnike menjadi perempuan pertama yang terpilih sebagai Ketua Komnas HAM dalam sejarah Indonesia.

“Semoga dengan terpilihnya Ketua Komnas HAM perempuan, hak-hak perempuan Indonesia semakin terjamin,” ucap Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini menambahkan, pemilihan anggota Komnas HAM periode 2022-2027 telah memenuhi asas gender karena 3 dari 9 komisionernya datang dari kalangan perempuan. Puan berharap anggota Komnas HAM terpilih dapat bekerja dengan penuh integritas, profesional, dan kredibel.

BACA JUGA  Pay Attention to the Warning Signs of Depression, Suicide Risk

“Masyarakat Indonesia menantikan kerja-kerja terbaik dari anggota Komnas HAM yang baru,” tutur mantan Menko PMK itu.

Selain mengesahkan anggota Komnas HAM terpilih, Rapat Paripurna DPR hari ini juga menyetujui keputusan Komisi III DPR mengenai pencabutan persetujuan hasil fit and proper test terhadap Sudradjat Dimyati sebagai Hakim Agung pada Mahkamah Agung (MA). Sudrajat Dimyati telah ditetapkan sebagai tersangka suap.

Keputusan DPR mengenai anggota Komnas HAM terpilih dan pencabutan persetujuan fit and proper test Sudrajat Dimyati akan dikirimkan kepada Presiden. Agenda Rapat Paripurna selanjutnya adalah penyampaian Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester I Tahun 2022 beserta Laporan Hasil Pemeriksaan Semester I Tahun 2022 oleh BPK RI.

BACA JUGA  INFOTEK LEMDIKLAT POLRI LATIH PERSONEL SATDIK WAJIB MAHIR MULTIMEDIA

“Hasil pemeriksaan BPK dapat menjadi bahan masukan bagi Dewan, khususnya komisi-komisi DPR RI untuk membahas dan menindaklanjutinya dalam rangka tugas pengawasan dan anggaran melalui Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat dengan mitra kerjanya masing-masing,” terang Puan.

Agenda terakhir Rapat Paripurna yaitu Pidato Ketua DPR RI pada Penutupan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023. DPR akan memasuki masa reses Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023 mulai tanggal 5-31 Oktober 2022.

Puan mengingatkan seluruh anggota DPR untuk menyerap sebanyak-banyaknya aspirasi masyarakat di masa reses.

“Sapalah rakyat di daerah pemilihan masing-masing. Dengarkan dan serap aspirasi rakyat, serta jelaskan tugas-tugas konstitusional yang telah dilaksanakan DPR RI. Terus bekerja untuk mewujudkan kedaulatan dan harapan rakyat,” ungkap cucu Proklamator RI Bung Karno itu.

Share :

Baca Juga

Nasional

PDIP Jadi yang Pertama Daftar Pemilu 2024, Begini Alasannya

Budaya

Pay Attention to the Warning Signs of Depression, Suicide Risk

Nasional

Dirjen Bina Bangda Ingatkan Pemda Sediakan Data Anak Tidak Sekolah Yang Valid

Nasional

Megawati Jadi Pembicara Kunci di Kick Off Percepatan Penurunan Stunting

Nasional

Puan: Antisipasi Modus Baru Perdagangan Manusia Terhadap Pekerja Migran Indonesia

Nasional

” Alahmak.. Langsung Masuk Tahap Penyidikan, Dini Maria Bingung Tidak pernah dipanggil Klarifikasi oleh Penyidik Jatanras PMJ “

Nasional

Hari Parlemen Nasional, Puan Ajak Anggota DPR Menyatu dengan Rakyat

Nasional

Kemendagri ke Provinsi Kepri, Genjot Realisasi APBD dan Pastikan Penganggaran Penanganan Inflasi Daerah