DPR Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Puan: Bagian Komitmen Selamatkan Bumi Sat Reskrim Polres Bogor Ungkap Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang Berkedok Yayasan Puan Harap Anggota BPK Terpilih Perkuat Pencegahan Kerugian Keuangan Negara H.Irvan Eka Mulyana Rayakan Ulang Tahun Untuk Putri Tercinta Umat Islam Penuhi Lapangan Tegar Beriman Saat Gelaran Tabliqh Akbar Malam Cinta Rasul Menyambut Maulid Rasul

Home / Enrekang / TNI-Polri

Rabu, 27 Juli 2022 - 21:09 WIB

Kabintaljarahdam XIV/Hsn Sambangi Kodim 1419/ Enrekang Gelar Pembinaan Mental Ideologi dan Kejuangan

Enrekang, Sebagai upaya memelihara mental yang baik, serta menekan sekecil mungkin terjadinya pelanggaran, Kodim 1419/ Enrekang melaksanakan kegiatan Pembinaan mental rohani, Ideologi dan Kejuangan terhadap Anggota Kodim 1419/ Enrekang beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLIII Koorcabrem 141 TP. PD XIV Hasanuddin bertempat di Aula Ma Kodim 1419/ Enrekang, Rabu (27/07/2022).

Kabintaljarahdam XIV/Hasanuddin Kol. Inf. Slamet Riyanto.,S.Ag.,M.M. saat menyambangi Kodim 1419/ Enrekang memberi kata sambutan saat dimulainya pembinaan mental Idiologi dan kejuangan serta sosialisasi Transformasi mengatakan bahwa Sebagai upaya memelihara mental yang baik, serta menekan sekecil mungkin terjadinya pelanggaran, personel Komando Distrik Militer (Kodim) 1419/Enrekang dengan melaksanakan kegiatan Pembinaan mental rohani, Ideologi dan Kejuangan kepada seluruh personel beserta Persit KCK Cabang XLIII Kodim 1419 Enrekang.

Pembinaan mental Ideologi merupakan Kegiatan untuk memelihara, meningkatkan dan memantapkan mental Prajurit, PNS TNI AD beserta keluarganya yang memiliki nasionalisme, cinta tanah air, patriotik, Persatuan dan Kesatuan, serta rasa senasib sepenanggungan dan juga memiliki Moralitas yang bersumber dari nilai-nilai Pancasila, wawasan Kebangsaan, Bela Negara, serta 4 konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara.
“Pembinaan mental kmerupakan kegiatan memelihara, meningkatkan dan memantapkan mental Prajurit, PNS TNI AD beserta keluarganya yang dilandasi dengan Sapta marga, Sumpah prajurit, Delapan wajib TNI dan Nilai-nilai 45, sehingga memiliki militansi yaitu rela berkorban dan pantang menyerah, juga moralitas yaitu disiplin, soliditas dan loyalitas serta etos kerja yang baik saat bertugas dan berdinas di Kodim 1419/ Enrekang yang dikemas melalui simulasi dan pemutaran video yang mudah dimengerti dan dipahami oleh Prajurit, PNS dan keluarga,” Ujarnya.

BACA JUGA  Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Karya Bakti Pengecoran Jalan Raya Di Perbatasan

Lebih lanjut Kolonel Inf Slamet Riyanto, menambahkan bahwa Transformasi pola pembinaan mental Kodam XIV/Hsn merupakan pola pembinaan mental yang dilakukan secara khusus bagi Prajurit yang memiliki potensi masalah dan yang memiliki masalah, lalu diidentifikasi dan diklasifikasi untuk dilaksankan pola pembinaan secara khusus karena esensi Bintal merupakan Esensi Bintal TNI AD.” Tambahnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kolonel Inf Slamet Riyanto, S.Ag., M.M. mengharapkan kepada para Prajurit dan keluarga Kodim 1419/ Enrekang melalui kegiatan Bintal Rohani Ideologi dan Kejuangan dapat meningkatkan kondisi mental Prajurit dan PNS serta menekan sekecil mungkin terjadinya pelanggaran di satuan, sehingga diperlukan upaya-upaya bersifat preventif yang dilakukan secara proaktif dan berkelanjutan oleh masing-masing Pasi Staf/ Danramil jajaran Kodim 1419/ Enrekang .

BACA JUGA  Pangdam Hasanuddin Kunker ke Mako Yonif 721/Makkasau

Dandim 1419/ Enrekang Letkol Inf Arie Sutanto menyampaikan, bahwa kegiatan pembinaan mental rohani Ideologi dan Kejuangan adalah tentang membentuk, memelihara dan memantapkan mental Prajurit, PNS dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLIII Kodim 1419 Enrekang Koorcab Rem 141 PD XIV Hasanuddin yang berdasarkan Pancasila, Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Panca Prasetya Korpri, sehingga mampu menjaga silaturahmi dalam meningkatkan kinerja Satkowil.
“Kegiatan ceramah pembinaan mental ideologi dan kejuangan ini bertujuan untuk memberikan serta memperkuat pengetahuan keagamaan serta mental ideologi dan kejuangan para prajurit TNI dan Persit beserta keluarga untuk menangkal segala pengaruh negatif yang datangnya dari luar organisasi yang kiranya dapat berpotensi untuk merusak mental para prajurit PNS dan keluarga sekalian” ungkapnya.

BACA JUGA  Danrem 121/Abw Buka Opster TNI di Wilayah Perbatasan

Sementara itu, Kasibintalidjuang Bintaljarah Kodam XIV/Hsn Mayor Caj Drs. Rustam, Hk selaku pembawa materi menyampaikan sebagai manusia yang tidak terlepas dari yang namanya salah dan khilaf, diharapkan untuk selalu menjaga silaturahmi, merekatkan tali persaudaraan. Kegiatan pembinaan mental ini khususnya bagi prajurit TNI sebagai modal atau hal yang paling mendasar bagi setiap pelaksanaan tugas sehari hari. Selain bertujuan untuk membangkitkan kesadaran akan pentingnya sikap dan mental yang tangguh dalam pelaksanaan tugas ke depan, juga untuk membangun prajurit dan PNS serta keluarganya agar memiliki mental yang tangguh dan militan serta dapat terhindar dari paham radikalisme yang tidak relevan dengan ideologi Pancasila.

Kegiatan ceramah pembinaan mental rohani dan ideologi dihadiri dan diikuti oleh
– Dandim 1419/Enrekang Letkol Inf Arie Sutanto
-Ketua Persit KCK Cabang XLIII Kodim 1419 Enrekang Koorcab Rem 141 TP.

Share :

Baca Juga

Provinsi

Pangdam Hasanuddin Safari Subuh di Masjid Nurul Jihad Pettarani Makassar

Ekonomi

Panen Jagung bersama Warga. Daud Ndimar : Terima kasih Satgas Yonif 123/Rajawali

Gowa

Pangdam Hasanuddin Berikan Kultum Sholat Subuh di Masjid Silaturahmi Gowa

TNI-Polri

Danrem 121/Abw Buka Opster TNI di Wilayah Perbatasan

TNI-Polri

Pangdam III/Slw: “Bintara Harus Terlibat Dalam Kegiatan Di Tingkat Teknis Dan Pembuatan Perencanaan”

Medan

Pangdam I/BB Hadiri Pengukuhan Pengurus PPAD Provinsi Sumut Masa Bakti 2022-2027

TNI-Polri

Kepolisian Resor Konawe Selatan Terima kunjungan Tim pusat penelitian dan Pengembangan Polri

Enrekang

KABINTALJARAHDAM XIV/HSN SAMBANGI PESANTREN NURUL FALAH ENREKANG GELAR KAMPANYE KREATIF WERVING SUMBER SANTRI