Sat Reskrim Polres Bogor Ungkap Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang Berkedok Yayasan Puan Harap Anggota BPK Terpilih Perkuat Pencegahan Kerugian Keuangan Negara H.Irvan Eka Mulyana Rayakan Ulang Tahun Untuk Putri Tercinta Umat Islam Penuhi Lapangan Tegar Beriman Saat Gelaran Tabliqh Akbar Malam Cinta Rasul Menyambut Maulid Rasul Perlu di Pertanyakan Kwalitasnya? Belum Selesai Dibangun, Ruas Betonisasi Jalan Karadenan – Pomad Sudah Retak dan Patah?

Home / Jakarta

Minggu, 18 September 2022 - 23:59 WIB

Munas I Terpilih Rianto Pakpahan Sebagai Ketum Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul

Jakarta – Munyawarah Nasional (Munas) I resmi mengukuhkan Rianto Pakpahan menjadi Ketua Umum Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul (P3SGP) sedunia pada Sabtu (17/9/2022) di Gedung Romauli, Pulo Gebang, Jakarta Timur.

“Pada hari ini tnggal 17 September 2022, saya ketua team 9, M. Felix Pakpahan, melantik bapak Rianto Pakpahan sebagai Ketua Umum Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul periode 2022-2027,saya serahkan Tunggal Panaluan sebagai lambang kepemimpinan,” ketua team 9, M. Felix Pakpahan saat acara deklarasi Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul (P3SGP) sedunia.

Selanjutnya, M. Felix Pakpahan menyerahkan pataka P3SGP sedunia kepada Rianto Pakpahan sambil menghimbau ketua umum terpilihntersebut untuk dikibarkan dipenjuru tanah air.

“Saya serahkan pataka ini dan kibarkan pataka ini ke seluruh wailayah NKRI dan dunia,” lanjut M. Felix Pakpahan penuh semangat.

BACA JUGA  Tebar Kepedulian, Personel Rajawali Ajarkan Pola Hidup Sehat pada Anak Perbatasan

Sementara Rianto Pakpahan yang telah resmi menjadi Ketua Umum yang disaksikan ratusan warga Pakpahan menyatakan kesiapannya mengemban tanggung jawab dengan sebaik-baiknya.

“Saya Rianto Pakpahan siap melaksanakan tugas, tanggung jawab dan kewajiban sebagai Ketua Umum Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab serta siap menerima Tunggal Panaluan sebagai lambing kepemimpinan,” jawab Rianto Pakpahan mantap.

Kemudian Rinato Pakpahan turut menyatakan kesanggupannya mengibarkan pataka keseluruh ibu pertiwi dan dunia. “Saya terima pataka ini dan kibarkan pataka ini ke seluruh wilyah NKRI dan dunia,” kata Rianto yang mengenakan pakaian adat Pakpahan tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua team 9 Toga Pakpahan, Mayjen (purn) DR (HC) Sumiharjo Pakpahan, P. H. D. DMS, mengatakan Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul merupakan wadah yang dapat membuat bahagia semua orang.

BACA JUGA  Ketua MD GPdl Papua, Hasil Musda Targetkan 1000 Jemaat di Tanah Papua

“Jadi punguan yang manis yang manis seperti madu,sehingga membuat orang datang berbondong-bondong untuk mencari kebahagian,” kata Sumiharjo.

Dia berharap kepada Ketua Umum Rinto Pakpahan menjadi ketua yang manis,yang diminati semua orang. ”Jadilah madu, sekali lagi selamat kepada Ketua Umum, semoga dengan adanya punguan ini tentunya kita bersiap-siap untuk mendirikan Toga Pakpahan,” jelas mantan Deputi 1 Luar Negeri BIN ini.

Deklarasi Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul bernuansa prosesi adat batak ini dipandu acara oleh Ketua team adat Pakpahan Sigodang Pohul, Paraloan Pakpahan, juga disaksikan oleh Ketua Umum Pakpahan Lumban Bosi sedunia st.Drs Mauliate Pakpahan dan Ketua Umum Pakpahan Hutaraja sejabodetabek Kombes (purn) Panusunan Pakpahan, MH, M.M.

Pakpahan adalah salah satu marga Batak yang berasal dari Suku Samosir. Pakpahan adalah marga yang dipakai oleh keturunan Raja Toga Pakpahan hingga. Marga Pakpahan berasal dari daerah Onan Runggu kemudian menyebar dan membuka kampung (mamukka huta) ke daerah-daerah sekitaran Danau Toba. Kearah barat danau toba menyebar ke daerah Janji raja, Paranginan, Lintong nihuta, Dolok Sanggul, Pakkat hingga ke Sidikalang. Kearah selatan danau toba menyebar ke Uluan, Laguboti, Balige, Siborongborong, Pangaribuan, Pahae, hingga ketanah Angkola. Saat ini marga Pakpahan sudah menyebar hingga keseluruh dunia.

BACA JUGA  Safari Politik Ketua DPR RI Puan Maharani Ke Hambalang Diajak Naik Kuda Kesayangan Prabowo

Toga Samosir atau Raja Sonang menikah dengan Soloan boru sitindaon, sehingga mempunyai 4 anak laki-laki yaitu, Toga Gultom, Toga Sidari, Toga Pakpahan, Toga Sitinjak.

Sementara, Raja Toga Pakpahan dengan menikahin paribannya atau putri dari abang ibunya yaitu Boru Sitindaon memiliki 3 anak laki-laki yaitu, Hutaraja, Lumbanbosi, Sigodangpohul.

Sumber: DPP AJWI

Share :

Baca Juga

Jakarta

KPK dan Kemendagri Kumpulkan Kepala Daerah, Komisaris dan Direksi BUMD Perkuat Pembinaan, Pengawasan dan Pengelolaan BUMD

Jakarta

Kementerian Agama RI Telah Melantik Dirjen Bimas Kristen Yang Baru

Jakarta

Luncurkan Buku Suara Kebangsaan, Hasto Sajikan Substansi Berat dengan Bahasa Kerakyatan

Jakarta

Purnomo Yusgiantoro Sebut Ajaran Soekarno Sangat Relevan Saat Ini dan di Masa Depan

Jakarta

Percepat Realisasi APBD, Dirjen Keuangan Daerah Agus Fatoni Ingatkan Daerah Jangan Ragu Lakukan Lelang Dini, Sudah Jelas Aturannya

Jakarta

Pewarna Indonesia Gandeng Lembaga – Lembaga Kristen menggelar Seminar

Jakarta

Villiany Nadzirah Balita 18 Bulan Berjuang Melawan Penyakit Yang Dialaminya

Jakarta

Menanti Putusan MK Kembalikan Hak Regulator Kepada Organisasi Pers