Polsek Cibinong Bergerak Cepat Bubarkan Gerombolan Pelajar Bawa Sajam Hadiri Diskusi Publik Pekan HAM Kota Bogor, JM Ajak Partisipasi Masyarakat Jalankan Perda Perlindungan Disabilitas Peduli Korban Cianjur, DPRD Kota Bogor Salurkan Bantuan Melalui PWI dan Gerakan Anak Negeri Bertemu Pimpinan Parlemen Qatar, Puan Dorong Peningkatan Investasi di RI Presiden Jokowi Pastikan Pembangunan Rumah Warga Relokasi Gempa Cianjur Dimulai

Home / TNI

Rabu, 16 November 2022 - 15:25 WIB

Negara Ini Butuh Aksi Nyata, Bukan Sekedar Bicara Dan Beretorika

Bandung (16/11/2022) – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., menjadi nara sumber orasi ilmiah pada Sidang Terbuka Senat Universitas Islam Bandung (UNISBA) dalam rangka memperingati Milad ke – 64 Unisba dan pidato tahunan Rektor, berlangsung di Gedung Hj. Kartimi Kridhoharsojo Kampus Unisba Jl. Tamansari No.1 Kota Bandung, Jabar, Selasa (15/11/2022).

Sidang Terbuka Senat Universitas Bandung dibuka langsung oleh Rektor UNISBA, dilanjutkan sambutan Ketua Badan Pengurus Unisba, Prof. Dr. KH. Miftah Faridl.

Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dalam orasinya yang berjudul “Peran Pemuda Untuk Indonesia Sekarang dan Masa Datang”, mengawali orasinya menyoroti ragam keunggulan yang dimiliki Indonesia. Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah baik di daratan maupun di lautan dan Indonesia kaya akan sumber energi.

BACA JUGA  Danlanud Iswahjudi Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke 77 TNI

“Selain itu besarnya jumlah penduduk ditambah dengan bonus demografi yang didapat, tentu jadi keunggulan sendiri, selain itu Indonesia diuntungkan dengan posisi strategis secara geografis yang membuat negara ini memiliki siklus musim yang ideal,” jelasnya.

Menurut Pangdam, potensi yang begitu besar ini, tentu saja mengundang keinginan pihak lain untuk ikut masuk dan bahkan ikut campur untuk menguasai kekayaan terutama dalam masalah sumber energi yang merupakan tantangan secara global.

Menyikapi hal tersebut Pangdam dalam orasinya terkait peran pemuda dan mahasiswa, menyampaikan kunci sukses dalam menghadapi kondisi dunia yang serba tidak pasti, antara lain, jadilah great player, bukan pemain lokal atau pemain cadangan. “Berusahalah menjadi pemain besar, bukan konsumer tapi produsen. Kurangilah sikap sebagai penikmat sesuatu tetapi jadilah yang mampu menciptakan sesuatu,” terangnya.

BACA JUGA  Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Kompleks GRP Berlangsung Khidmat & Meriah

Kemudian bermimpi besarlah, great dreamer, karena dengan mimpi itulah lahir semangat dan sikap militan. Mimpi akan berkolerasi dengan kreatifitas, tapi jangan berhenti sebatas mimpi karena akan hidup dalam fatamorgana sebatas angan-angan.

“Selalu bersikap dan berlaku focus on target, jangan melenceng dan berusaha maksimal. Kedepannya yang akan memenangkan persaingan adalah orang-orang yang spesialis, karena itulah jadi professional, spesialis pada bidang tertentu,” terangnya.

Tak kalah penting, optimist. Pepatah berkata, tak ada yang mudah tetapi tak ada yang tak mungkin. Sumber daya sangat banyak, belajar bisa dimana saja. Tetapi memang tak ada yang mudah. Karena itu sikap optimis harus dikembangkan, lanjutnya.

BACA JUGA  Puncak Perayaan HUT TNI Ke-77, TNI Berangkatkan 4 Prajurit Terbaik Ke Tanah Suci

Selain itu action, sambung Pangdam. Segeralah bertindak, jangan hanya omong doang. Negara ini butuh aksi nyata, bukan sekedar bicara dan beretorika. Jika anda jadi politikus, jadilah politikus yang berkarya bukan sekedar berbicara. “Anda memang dilatih untuk berbicara, tapi yang diperlukan adalah aksi nyata dari apa yang dibicarakan,” tegasnya.

Seusai penyampaian orasi, Pangdam menerima cenderamata yang diserahkan langsung oleh Rektor Universitas Islam Bandung. (Pendam III/Siliwangi).

Share :

Baca Juga

Kota Bogor

Danrem 061/SK Brigjen TNI Rudy Saladin M.A Dampingi Kunjungan Pangdam III/SLW Mayjen TNI Kunto Arif Wibowo

Medan

Pangdam I/BB Terima Silaturahmi Kemitraan PPAD Sumut

TNI

Pantau Pembangunan Di Wilayah, Babinsa Komsos Dengan Para Pekerja Saluran Irigasi

Kota Bogor

Danrem 061/Sk Brigjen TNI Rudy Saladin MA, pimpin acara serah terima Jabatan Komandan Yonif 315/Grd

TNI

Bantu Cetak Batako, Babinsa Wawotobi Beri Motivasi Kepada Warga Binaaan

Medan

Pangdam I/BB sambut Prajurit Usai Latma dengan US Army di Hawaii

TNI

Patroli Di Wilayah Pasar Tradisional, Babinsa Jaga Silaturahmi Antara Pedagang

Olahraga

Karateka Yonif Raider 300/Bjw, Raih Juara 2 dan 3 Kata Beregu Kategori TNI-Polri Piala Kadisjas TNI AD