Seorang Terduga Pelaku Curanmor Tertangkap Warga, Pihak Kepolisian Lakukan Penyidikan Percepat Realisasi APBD Sejak Awal Tahun, Kemendagri Turun Langsung ke Kota Sorong Ketiga kalinya Jasiman Sitorus, S.Kom., MM Terpilih kembali menjadi Ketum Sitorus Bogor Dohot Boruna Worskhop DPC AJWI, Bangun Sinergitas Dengan APWMI Dengan Memberikan Fasilitas Free Premi BPJS Bagi Peserta Pelatihan Llt Bupati Bogor Ingin Optimalkan Keberadaan Hutan Kota Pakansari Untuk Jaga Keseimbangan Ekosistem Lingkungan

Home / Kalbar

Kamis, 22 Desember 2022 - 20:51 WIB

Paguyuban Guyub Gawe Guno (G3) Adakan Ritual Adat Jawa Sedekah Bumi dan Peresmian Joglo Kabupaten Sanggau Tahun 2022

Sanggau, Kalbar (MGA) – Kegiatan Ritual Adat Jawa Sedekah Bumi dan Peresmian Joglo Paguyuban Guyub Gawe Guno (G3) Kabupaten Sanggau Tahun 2022. Bertempat di Pendopo Rumah Adat Jawa Rt.12, Rw.05 jalan Padat Karya, Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau. Pada hari Kamis tanggal 22 Desember 2021 sekira jam 09.45 Wib.

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP., M.Si., Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K., Dandim 1204/Sgu Letkol Inf Bayu Yudha Pratama, Ketua Pengadilan Sanggau Haklainul Dunggio, S.H., M.H., Kasi Pidsus Kejari Sanggau Agus, S.H., MH, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Forkompimcam Kecamatan Kapuas, Ketua MABM Kabupaten Sanggau Budi Darmawan, S.T.P., M.M., Ketua Panitia AKBP (Purn) Wardaya, Ketua G3 kabupaten Sanggau Sugiman, S.E., Para ketua Lintas Etnis Kabupaten Sanggau, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan masyarakat Etnis Jawa yang ada di Kabupaten Sanggau, Sintang, Melawi dan Sekadau.

Dalam sambutannya Ketua G3 Kabupaten Sanggau Sugiman mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemda dan Dinas Dikbud Kabupaten Sanggau yang telah mensupport sehingga Ritual Adat Jawa budaya sedekah bumi, pagelaran Wayang kulit dan Campur Sari Tahun 2022 dapat dilaksanakan.

BACA JUGA  Apel Gelar Pasukan Secara Serentak Dalam Rangka Operasi Lilin Kapuas Tahun 2022

“Ritual Adat Jawa budaya sedekah bumi, pagelaran Wayang kulit dan Campur Sari Ikatan Keluarga Besar Guyub Gawe Guno (G3) adalah warisan leluhur yang hingga kini masih dilaksanakan, khususnya masyarakat Etnis Jawa,” ucapnya.

“Terima kasih sebesar – besarnya kepada Pemerintah Daerah yang sudah membantu dana hibah sehingga pendirian pendopo bisa dilaksanakan. Kami di G3 Kabupaten Sanggau selalu mendukung kebijakan pemerintah daerah dalam kemajuan Kabupaten Sanggau,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sanggau Paolus Hadi Sangat berterima kasih atas waktu yang diberikan.

“Saya berterima kasih banyak atas waktu yang diberikan kepada saya, terima kasih G3 Sanggau dapat mengundang kami dalam ritual adat Jawa Sedekah Bumi,” ucapnya.

BACA JUGA  Kaleidoskop 2022, Polres Bengkayang Ungkap Prestasi dan Capaian Kinerja

Bupati Sanggau berharap semua Etnis yang ada di Kabupaten Sanggau dapat menampilkan adat istiadatnya di Kabupaten Sanggau ini. Banyak agenda kita yang tidak terlaksana karna Covid-19 melanda, dan kita semua mampu melewatinya dengan mengikuti kebijakan Pemerintah.

Kegiatan ini merupakan kegiatan budaya sebenarnya sesuai dengan visi-misi kita bagaimana kita mengembangkan dan mendorong kuat budaya dan iman karena dalam sebuah negara besar dan maju sebenarnya budaya dan iman menjadi sebuah kekuatan besar.

“Mari Kita bekerja dengan hati dengan ikhlas, saya sangat senang paguyuban dapat membantu program pemerintah dan pembangunan di kabupaten ini,” pintanya.

“Kita semua satu kesatuan dan saya senang semua paguyuban dan etnis bersatu untuk menunjukan kebudayaannya masing – masing karna negara yang kuat adalah bersatunya kebudayanya dan gotong-royongnya,” paparnya.

“Harapan saya agar paguyuban lainnya yang belum ada rumah pertemuan agar bisa dapat membangun rumah pertemuan budaya masing – masing dengan selau berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah,’ harapnya.

BACA JUGA  PT. KBA Berikan Bantuan Pembangunan Rumdis Korem 143/HO Dengan Total Sebanyak 1000 Unit Rumah

“Tahun kedepan merupakan agenda politik agar bapak-ibu nantinya bisa datang ke TPS dan jangan terbawa suhu politik sehingga dapat memecah belah kebersamaan yang sudah dibentuk,” tegasnya.

Selanjutnya Bupati Sanggau meresmikan Joglo Paguyuban G3 Kabupaten Sanggau dengan membuka tirai dan penandatanganan prasasti serta penyerahan tokoh pewayang kepada Dalang.

Selama kegiatan berlangsung dilaksanakan Pengamanan oleh Polres Sanggau dan Polsek Kapuas sesuai dengan Surat Perintah Kapolres Sanggau Nomor : Sprin/2437/XII/PAM.3.3/2022 tanggal 21 Desember 2022 tentang Pengamanan kegiatan Tahunan Adat Ritual Jawa G3 dan Peresmian Rumah Joglo G3 Kabupaten Sanggau.

Kegiatan Ritual Adat Budaya Jawa Sedekah Bumi merupakan bentuk keberagaman budaya yang ada di Kab. Sanggau yang diselenggarakan oleh Paguyuban G3 untuk memberikan keselamatan di Kabupaten Sanggau.

Sekira jam 19.30 WIB dilaksanakan kegiatan pagelaran Wayang Kulit dan Campur Sari di Joglo Paguyuban G3 Kab. Sanggau.

Rinto Andreas_Red

Share :

Baca Juga

Kalbar

Wadan Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha Hadiri Acara Deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free)

Kalbar

Kaleidoskop 2022, Polres Bengkayang Ungkap Prestasi dan Capaian Kinerja

Kalbar

Miris…Jembatan di Desa Semangut Utara Ini Puluhan Tahun Tak Tersentuh Perbaikan dan Nyaris Ambruk

Kalbar

Apel Gelar Pasukan Secara Serentak Dalam Rangka Operasi Lilin Kapuas Tahun 2022