Seorang Terduga Pelaku Curanmor Tertangkap Warga, Pihak Kepolisian Lakukan Penyidikan Percepat Realisasi APBD Sejak Awal Tahun, Kemendagri Turun Langsung ke Kota Sorong Ketiga kalinya Jasiman Sitorus, S.Kom., MM Terpilih kembali menjadi Ketum Sitorus Bogor Dohot Boruna Worskhop DPC AJWI, Bangun Sinergitas Dengan APWMI Dengan Memberikan Fasilitas Free Premi BPJS Bagi Peserta Pelatihan Llt Bupati Bogor Ingin Optimalkan Keberadaan Hutan Kota Pakansari Untuk Jaga Keseimbangan Ekosistem Lingkungan

Home / Cimahi / TNI-Polri

Senin, 1 Agustus 2022 - 22:39 WIB

Pangdam Siliwangi Uji Coba Senjata Modifikasi Prajuritnya

Cimahi, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo tinjau uji coba berbagai jenis senjata hasil modifikasi Prajurit Kodam III/Slw di lapangan Tembak Gunung Bohong Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi, Senin (01/08/2022).

Dalam peninjauan tersebut Pangdam didampingi oleh para Asisten Kasdam III/Slw, Kasbrigif 15/Kujang II Cimahi, Dandim 0609/ Cimahi dan Kabengrahdam III/Slw serta Pjs Walikota Cimahi.

Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Slw saat mendampingi Pangdam melakukan peninjauan uji coba berbagai jenis senjata mengatakan, bahwa senjata yang diuji cobakan antara lain Minimi kaliber 5,56 mm dengan munisi L 50 buatan Belgia, Pistol Head Manual Bul Strom kaliber 9 mm buatan Israel, dan senjata M 16 Kaliber 5,56 mm buatan Amerika, yang kesemuanya itu sudah dimodifikasi oleh Prajurit Kodam III/Slw.

BACA JUGA  Kapolres Torut Pimpin Sertijab Sejumlah Pejabat Lingkungan Polres Toraja Utara

Lanjut Kapendam, Pangdam III/Slw menyempatkan diri menembakkan semua jenis senjata yang telah dimodifikasi tersebut, baik senjata Minimi, M 16 maupun Pistol Head Manual Bul Strom kaliber 9 mm.

Lebih jauh Kapendam menjelaskan bahwa, modifikasi dilakukan dengan melakukan penambahan part modifikasi pada beberapa senjata. Penambahan ini didasari oleh pengalaman Prajurit Kodam III/Slw selama melaksanakan tugas operasi di berbagai wilayah seperti Papua, Kalimantan, Aceh, Ambon, serta Maluku.

BACA JUGA  KABINTALJARAHDAM XIV/HSN SAMBANGI PESANTREN NURUL FALAH ENREKANG GELAR KAMPANYE KREATIF WERVING SUMBER SANTRI

“Ada beberapa bagian senjata yang dimodifikasi seperti penambahan teleskop, popor yang dapat dipanjangkan, modifikasi lade, modifikasi laras bisa menjadi laras panjang dan laras pendek serta penambahan alat peredam suara, modifikasi pistol grip pada senjata laras panjang M 16 dan penambahan dudukan pengaman tele beserta trijiconnya. Untuk modifikasi senjata yang menggunakan trijicon tidak perlu lagi menggunakan pisir dan pijera, sementara untuk Senjata SO Minimi hasil modifikasi ini lebih ringan dan akurasi perkenaan yang tinggi memudahkan manuver pasukan di daerah operasi,” ujarnya.

BACA JUGA  Baru 4 Persen RTH, Bapemperda DPRD Kota Bogor Evaluasi Perda

Kapendam menambahkan, diharapkan dengan adanya modifikasi beberapa senjata dapat mempermudah ruang gerak dan daya gempur Prajurit Kodam III/Slw di medan operasi serta memberikan nilai efektif dan efisien dalam penggunaan amunisi, selain itu juga dapat menambah moril prajurit dalam bertempur. (Pendam III/Siliwangi).

Share :

Baca Juga

TNI-Polri

Jelang Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Satgas Yonif 123/Rajawali Gelorakan Semangat Kemerdekaan

Kriminal

Labfor Polri Masih Terus Periksa HP dan CCTV Kasus Brigadir J Secara Scientific Crime Investigation

TNI-Polri

Danrem 121/Abw Buka Opster TNI di Wilayah Perbatasan

TNI-Polri

Dandim 1012/Buntok Cek Lokasi TMMD Menggunakan Perahu

Provinsi

Pangdam Hasanuddin Buka Kejuaraan Lomba Pacuan Kuda Pangdam Cup

Barito

Tak Terpengaruh Cuaca Panas, Satgas TMMD ke 114 Mulai Pembuatan Surau

TNI-Polri

Pimpin Apel Gelar Pasukan Pam VVIP RI-1, Pangdam XII/Tpr Harap Masyarakat Sambut Baik Kunjungan Presiden

TNI-Polri

Lat Pra Ops Bina Kusuma Anoa 2022 Polres Konawe Selatan