Ketiga kalinya Jasiman Sitorus, S.Kom., MM Terpilih kembali menjadi Ketum Sitorus Bogor Dohot Boruna Worskhop DPC AJWI, Bangun Sinergitas Dengan APWMI Dengan Memberikan Fasilitas Free Premi BPJS Bagi Peserta Pelatihan Llt Bupati Bogor Ingin Optimalkan Keberadaan Hutan Kota Pakansari Untuk Jaga Keseimbangan Ekosistem Lingkungan Sekjen Kemendagri Minta Jajaran Sekda Jalankan Tugas Bantu Kepala Daerah Bertemu Lindsay Hoyle di Inggris, Puan Minta Tak Ada Diskriminasi Produk RI

Home / Nasional

Minggu, 31 Juli 2022 - 23:37 WIB

PDIP akan Gelar Peringatan Bung Hatta di Bulan Agustus, Ingatkan Pemikiran Sejumlah Tokoh Nasional

Jakarta- Partai Demokrasi Indonesia Pejuangan (PDIP) akan menggelar pekan Bung Hatta dan Muhammad Yamin pada Agustus mendatang. Hal tersebut dilakukan guna memperingat jasa kedua tokoh nasional tersebut bagi Indonesia.

“Selama bulan Agustus kami terus menggelorakan pemikiran-pemikiran rekam jejak keteladanan dari pendiri bangsa kita,” kata Sekretaris Jendral PDIP, Hasto Kristiyanto dalam acara Proses Kirim Data dan Dokumen PDI Perjuangan Calon Peserta Pemilu 2024 pada Sipol KPU RI di kantor DPP PDIP, Jakarta, Minggu (31/7/2022).

Hasto menjelaskan, Bung Hatta merupakan tokoh nasional dengan berbagai pemikirannya terkait geopolitik, kepemimpinan kebangsaan dan Islam. Bung Hatta juga menetapkan dasar-dasar politik luar negeri bebas aktif serta bagaimana kebudayaan menjadi suatu akar dari pemikiran.

BACA JUGA  Kapolres Bogor Pimpin Upacara Korps Rapot Kenaikan Pangkat Pengabdian

Bahkan, sambung Hasto, nasionalisme Bung Hatta justru semakin membara meskipun ketika berada di Belanda. Dia menjelaskan, dalam peringatan ini juga menyangkut Bung Hatta dan pendidikan Indonesia, Bung Hatta dan intelektual global, koperasi jaman now hingga kebebasan berpendapat alias freedom of speech di era demokrasi.

BACA JUGA  Dirjen Zudan: Agar Dapatkan Haknya, Pendataan Disabilitas Jadi Prioritas Pemerintah

Dia melanjutkan, partai juga akan mengingatkan pentingnya pola pembangunan semesta berencana yang di gagas Prof M. Yamin yang berasal dari Sumatera Barat. Begitu juga dengan peringatan tokoh-tokoh lainnya semisal KH Agus Salim yang terlibat dalam berbagai peristiwa penting menggelorakan semangat nasionalisme.

“Prof M. Yamin memimpin tim lebih dari 600 doktor tentang pola pembangunan nasional semesta berencana,” ungkap Hasto.

Hasto menjelaksan, pola pembangunan nasional semesta berencana sangat penting bagi capres dan cawapres ke depan. Dia mengatakan, pola tersebut menjadi landasan yang nantinya menjadi bagian visi-misi capres dan cawapres.

BACA JUGA  Jokowi Apresiasi Tokoh Dunia Muhammad Ja'far Hasibuan Ilmuwan Kelas Dunia Segudang Prestasi Dunia dari Indonesia

“Karena itulah peringatan tentang Prof M. Yamin juga sangat penting karena beliau pencetus sumpah pemuda, budayawan, politikus, sejarawan, pakar hukum Indonesia, perintis polisi modern, menteri kehakiman, menteri pendidikan dan pengalaman memimpin pola pembangunan semesta berencana,” katanya.

Hal-hal itu yang akan menjadi skala prioritas pada bulan Agustus nanti yang sekaligus menggelorakan seluruh tahapan pemilu akan diikuti oleh PDIP dengan sebaik-baiknya.

Share :

Baca Juga

Nasional

Megawati Jadi Pembicara Kunci di Kick Off Percepatan Penurunan Stunting

Nasional

Puan Dukung Sikap Tegas Kapolri yang Siap Copot Petinggi Polri Bila Terlibat Judi Online

Nasional

KPK Tetapkan Bupati Bangkalan Sebagai Tersangka Mendapat Dukungan BPI KPNPA RI

Nasional

Kapolri Listyo Sigit Prabowo Sudah Buktikan Komitmen nya Dalam Menindak Perwira Tinggi Yang Terlibat Narkoba

Nasional

Dirjen Bina Bangda Dorong Pemprov NTT Lakukan Pengembangan Dan Maintainance Destinasi Wisata Labuan Bajo

Nasional

PDIP Jadi yang Pertama Daftar Pemilu 2024, Begini Alasannya

Nasional

Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Lahirkan 17 Inovasi, Tingkatkan Layanan dan Kinerja Tata Kelola Keuangan Daerah

Nasional

Wamendagri: MRP Punya Peran Strategis Perjuangkan dan Lindungi Kepentingan Orang Asli Papua