Sat Reskrim Polres Bogor Ungkap Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang Berkedok Yayasan Puan Harap Anggota BPK Terpilih Perkuat Pencegahan Kerugian Keuangan Negara H.Irvan Eka Mulyana Rayakan Ulang Tahun Untuk Putri Tercinta Umat Islam Penuhi Lapangan Tegar Beriman Saat Gelaran Tabliqh Akbar Malam Cinta Rasul Menyambut Maulid Rasul Perlu di Pertanyakan Kwalitasnya? Belum Selesai Dibangun, Ruas Betonisasi Jalan Karadenan – Pomad Sudah Retak dan Patah?

Home / Nasional

Minggu, 31 Juli 2022 - 23:37 WIB

PDIP akan Gelar Peringatan Bung Hatta di Bulan Agustus, Ingatkan Pemikiran Sejumlah Tokoh Nasional

Jakarta- Partai Demokrasi Indonesia Pejuangan (PDIP) akan menggelar pekan Bung Hatta dan Muhammad Yamin pada Agustus mendatang. Hal tersebut dilakukan guna memperingat jasa kedua tokoh nasional tersebut bagi Indonesia.

“Selama bulan Agustus kami terus menggelorakan pemikiran-pemikiran rekam jejak keteladanan dari pendiri bangsa kita,” kata Sekretaris Jendral PDIP, Hasto Kristiyanto dalam acara Proses Kirim Data dan Dokumen PDI Perjuangan Calon Peserta Pemilu 2024 pada Sipol KPU RI di kantor DPP PDIP, Jakarta, Minggu (31/7/2022).

Hasto menjelaskan, Bung Hatta merupakan tokoh nasional dengan berbagai pemikirannya terkait geopolitik, kepemimpinan kebangsaan dan Islam. Bung Hatta juga menetapkan dasar-dasar politik luar negeri bebas aktif serta bagaimana kebudayaan menjadi suatu akar dari pemikiran.

BACA JUGA  BPI KPNPA RI Meminta Dengan Adanya Kasus Sambo Momentum Kapolri, Untuk Bersihkan Internal Polri Secara Menyeluruh Sudah Segera Dilakukan

Bahkan, sambung Hasto, nasionalisme Bung Hatta justru semakin membara meskipun ketika berada di Belanda. Dia menjelaskan, dalam peringatan ini juga menyangkut Bung Hatta dan pendidikan Indonesia, Bung Hatta dan intelektual global, koperasi jaman now hingga kebebasan berpendapat alias freedom of speech di era demokrasi.

BACA JUGA  Jelang HUT Kemerdekaan RI Ke-77, 40 Napiter Nyatakan Ikrar Setia Kepada NKRI

Dia melanjutkan, partai juga akan mengingatkan pentingnya pola pembangunan semesta berencana yang di gagas Prof M. Yamin yang berasal dari Sumatera Barat. Begitu juga dengan peringatan tokoh-tokoh lainnya semisal KH Agus Salim yang terlibat dalam berbagai peristiwa penting menggelorakan semangat nasionalisme.

“Prof M. Yamin memimpin tim lebih dari 600 doktor tentang pola pembangunan nasional semesta berencana,” ungkap Hasto.

Hasto menjelaksan, pola pembangunan nasional semesta berencana sangat penting bagi capres dan cawapres ke depan. Dia mengatakan, pola tersebut menjadi landasan yang nantinya menjadi bagian visi-misi capres dan cawapres.

BACA JUGA  Polsek Babakan Madang Cek TKP Pencurian di Toko Bangunan Teratai

“Karena itulah peringatan tentang Prof M. Yamin juga sangat penting karena beliau pencetus sumpah pemuda, budayawan, politikus, sejarawan, pakar hukum Indonesia, perintis polisi modern, menteri kehakiman, menteri pendidikan dan pengalaman memimpin pola pembangunan semesta berencana,” katanya.

Hal-hal itu yang akan menjadi skala prioritas pada bulan Agustus nanti yang sekaligus menggelorakan seluruh tahapan pemilu akan diikuti oleh PDIP dengan sebaik-baiknya.

Share :

Baca Juga

Nasional

Hasto: Pemilu 2024 Harus Jadi Ajang Orkestrasi Prestasi

Internasional

Did You Know Your Eye Makeup Could Be Making You Sick?

Nasional

Suksesnya Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2022 ” Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta Berikan Apresiasi

Nasional

Kemendagri, Korlantas dan Jasa Raharja Resmikan Sekretariat Bersama Pembina Samsat Nasional

Nasional

Dirjen Bina Bangda Dorong Pemprov NTT Lakukan Pengembangan Dan Maintainance Destinasi Wisata Labuan Bajo

Nasional

Dihadapan Jenderal Andika Perkasa, Megawati Beberkan Cara Memasak yang Baik

Nasional

PDIP Jadi yang Pertama Daftar Pemilu 2024, Begini Alasannya

Nasional

Kasus 27 Juli, Tragedi Kelam Kemanusiaan dalam Sejarah Demokrasi Indonesia