Seorang Terduga Pelaku Curanmor Tertangkap Warga, Pihak Kepolisian Lakukan Penyidikan Percepat Realisasi APBD Sejak Awal Tahun, Kemendagri Turun Langsung ke Kota Sorong Ketiga kalinya Jasiman Sitorus, S.Kom., MM Terpilih kembali menjadi Ketum Sitorus Bogor Dohot Boruna Worskhop DPC AJWI, Bangun Sinergitas Dengan APWMI Dengan Memberikan Fasilitas Free Premi BPJS Bagi Peserta Pelatihan Llt Bupati Bogor Ingin Optimalkan Keberadaan Hutan Kota Pakansari Untuk Jaga Keseimbangan Ekosistem Lingkungan

Home / Nasional

Selasa, 10 Januari 2023 - 19:55 WIB

Penerimaan Kantor Bea dan Cukai Merak Tahun 2022 sebesar Rp. 3.28 T atau 117.59% diatas target

Ajwinews.co.id, MERAK – Penerimaan Bea Cukai Merak tahun 2022 sebesar Rp. 3.28 T jauh melampaui target nya yang sebesar Rp. 2.79 T atau tercapai sebesar 117.59 persen.

Bea Cukai Merak sebagai unit vertikal dibawah Kanwil Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Banten mencatatkan penerimaan negara dari kepabeanan dan cukai selama tahun 2022 sebesar Rp. 3.282.770.202.838. atau 117.59 persen dari target yang telah ditetapkan.

Kepala Bea Cukai Merak Beni Novri menyampaikan rincian realisasi penerimaan yang terdiri dari penerimaan Bea Masuk sebesar Rp. 2.991.291.549.838. atau 115,26 persen dari target, Bea Keluar sebesar Rp. 71.892.395.000. atau 100.79 persen dari target dan realisasi cukai MMEA sebesar Rp. 219.586.258.000. atau 175.67 persen dari target nya.

BACA JUGA  Group Media PT.Ajwi Mengucapkan Selamat merayakan Natal 2022 dan Selamat Menyongsong Tahun Baru 2023

Tercapainya target Bea Masuk didorong oleh pertumbuhan kinerja impor nasional yang masuk melalui pelabuhan di Banten yang didominasi oleh komoditi jenis curah, terutama sektor migas, pakan ternak, besi dan baja serta kebutuhan bahan baku/kebutuhan industri sektor kimia dan raw sugar, dimana kontribusi terbesar adalah dari sektor gas.

Untuk sektor cukai juga mengalami pertumbuhan penerimaan negara karena didorong oleh tumbuhnya permintaan dari daerah daerah pariwisata dan akibat gencarnya pengawasan yang dilakukan oleh petugas sehingga penggunaan barang barang legal meningkat dibandingkan dengan yang illegal. Sedangkan untuk sektor Bea Keluar ditunjang oleh kegiatan ekspor non migas berupa hasil CPO dan turunannya, yang diekspor oleh perusahaan pengolah hasil kelapa sawit yang berada di daerah Serang dan Cilegon.

BACA JUGA  PDIP akan Gelar Peringatan Bung Hatta di Bulan Agustus, Ingatkan Pemikiran Sejumlah Tokoh Nasional

Secara umum pencapaian penerimaan negara dari kepabeanan dan cukai tahun 2022 pada kantor Bea Cukai Merak jauh lebih besar dibandingkan realisasi pada tahun sebelumnya yang sebesar Rp. 2.52 T atau tercapai sebesar 130.23 persen dari realisasi tahun 2021. Walaupun dalam kondisi pandemi covid 19 dan situasi perekonomian global yang kurang mendukung namun sektor industri di bawah pengawasan kantor BC Merak selama tahun 2022 tetap tumbuh meskipun ada sedikit pengaruh dari situasi menurunnya kondisi ekonomi global.

BACA JUGA  Kemendagri Serahkan Jumlah Penduduk per Kecamatan ke KPU untuk Pemilu 2024

Bea Cukai Merak sebagai fasilitator perdagangan dan industrial assistance tetap konsisten dalam memberikan pelayanan dan asistensi untuk mendukung pertumbuhan industri dan perdagangan di wilayah nya, dan berdasarkan evaluasi melalui survey kepada masyarakat pengguna jasa (SKPJ) mendapatkan hasil sebesar 4,79 dari (skala5) naik 0.18 persen dari tahun 2021 dengan indeks 4,61 (skala 5), dengan kata lain terdapat apresiasi dari responden BC atas layanan yang telah diterima. Hal ini sejalan dengan kinerja yang telah dicapai oleh para stakeholders yang melakukan kegiatan ekspor dan impor nya dengan baik dan mampu berkontribusi terhadap penerimaan negara dari sektor kepabeanan dan cukai. (Oking)

Share :

Baca Juga

Nasional

Kemendagri ke Provinsi Kepri, Genjot Realisasi APBD dan Pastikan Penganggaran Penanganan Inflasi Daerah

Nasional

Suksesnya Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2022 ” Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta Berikan Apresiasi

Nasional

Puan: RI Siap Dorong Negara G20 Bergerak Nyata Atasi Krisis Pangan di Forum P20

Internasional

Technician Education Can Fuel Financial Success

Budaya

Pay Attention to the Warning Signs of Depression, Suicide Risk

Nasional

” Alahmak.. Langsung Masuk Tahap Penyidikan, Dini Maria Bingung Tidak pernah dipanggil Klarifikasi oleh Penyidik Jatanras PMJ “

Nasional

Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Agus Fatoni Minta Pemda Fokus Anggarkan Penanganan Inflasi

Nasional

Entrepreneurs Embrace In-House Fitness