DPR Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Puan: Bagian Komitmen Selamatkan Bumi Sat Reskrim Polres Bogor Ungkap Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang Berkedok Yayasan Puan Harap Anggota BPK Terpilih Perkuat Pencegahan Kerugian Keuangan Negara H.Irvan Eka Mulyana Rayakan Ulang Tahun Untuk Putri Tercinta Umat Islam Penuhi Lapangan Tegar Beriman Saat Gelaran Tabliqh Akbar Malam Cinta Rasul Menyambut Maulid Rasul

Home / Internasional

Selasa, 2 Agustus 2022 - 13:36 WIB

Pidato Lengkap Raja Maroko Saat Ultah Kenaikan Tahta ke 23

Rabat – Raja Maroko HM Mohammed VI pada Sabtu (30/7) menyampaikan pidato kebangsaan saat kesempatan ulang tahun ke-23 aksesi Penguasa naik takhta dari leluhurnya.

Berikut teks lengkap pidato kerajaan:

“Alhamdulillah,

Semoga shalawat dan salam tercurah kepada Nabi, Sahabat dan Saudaranya

Warga yang terhormat,

Perayaan ulang tahun kenaikan takhta saya tahun ini, bertepatan dengan awal Tahun Hijriah baru, merupakan kesempatan tahunan untuk memperbaharui ikatan timbal balik Bei’a antara rakyat dan Raja.

Saya berterima kasih kepada Tuhan Yang Mahakuasa karena telah memberkati kita dengan kohesi yang begitu erat sepanjang sejarah, melalui saat-saat baik dan buruk.

Peringatan tahun ini dari sebuah peristiwa yang disayangi oleh semua orang Maroko berlangsung di lingkungan yang tidak stabil yang ditandai oleh dampak berkelanjutan dari krisis COVID19 dan efek dari perkembangan internasional utama pada ekonomi nasional dan global.

Oleh karena itu, hampir tidak mungkin bagi kita untuk menghadapi tantangan domestik dan eksternal tanpa menggabungkan semangat kewirausahaan dan ketahanan untuk menopang stabilitas sosial dengan kebutuhan untuk meningkatkan status perempuan dan keluarga serta meningkatkan perekonomian nasional.

Warga yang terhormat,

Membangun jenis negara yang kita dambakan, negara yang berkomitmen untuk kemajuan dan martabat hanya mungkin dengan partisipasi semua orang Maroko yakni pria dan wanita dalam proses pembangunan.

Oleh karena itu, saya mendesak, sekali lagi, tentang perlunya memastikan partisipasi penuh perempuan Maroko di semua sektor.

Sejak saya naik takhta, saya sangat ingin meningkatkan status perempuan, membuka prospek untuk kemajuan mereka dan memungkinkan mereka untuk memegang tempat yang layak di masyarakat.

Reformasi utama yang telah kami perkenalkan dalam hal ini termasuk penerapan Undang-Undang Keluarga dan Konstitusi 2011, yang menjamin kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam hal hak dan kewajiban dan memberikan prinsip paritas sebagai tujuan yang harus dicapai oleh negara. .

Pertanyaannya di sini bukanlah tentang memberikan hak istimewa yang tidak beralasan kepada perempuan sebaliknya, ini tentang memberi mereka hak-hak hukum dan sah mereka. Saat ini, di Maroko, perempuan tidak dapat dirampas haknya.

Dalam hal ini, kita perlu memastikan bahwa lembaga-lembaga konstitusional yang terkait dengan hak-hak keluarga dan perempuan beroperasi, dan memperbarui mekanisme dan peraturan yang relevan untuk peningkatan status perempuan dan keluarga.

Hukum Keluarga adalah langkah maju yang besar. Namun, itu tidak lagi memadai. Pengalaman telah menunjukkan ada banyak rintangan yang menghalangi penyelesaian proses ini dan mencapai tujuannya.

Diantaranya adalah belum memadainya penegakan Hukum Keluarga karena berbagai alasan sosiologis, terlebih lagi sebagai kategori pegawai dan praktisi peradilan masih percaya bahwa undang-undang tersebut hanya untuk perempuan.

Sebenarnya, Hukum Keluarga tidak hanya menyangkut laki-laki, juga tidak khusus untuk perempuan: itu adalah hukum untuk seluruh keluarga.

Undang-undang ini didasarkan pada keadilan, karena memberikan hak-hak perempuan sama seperti laki-laki, juga mempertimbangkan kepentingan anak.

BACA JUGA  Sat Reskrim Polres Bogor Ungkap Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang Berkedok Yayasan

Oleh karena itu saya mendesak perlunya setiap orang untuk berkomitmen pada implementasi yang tepat dan penuh dari ketentuan-ketentuan Hukum Keluarga.

Selain itu, kita perlu mengatasi kekurangan dan aspek negatif yang dicatat dari pengalaman, seperti halnya kita harus meninjau kembali jika perlu beberapa ketentuan undang-undang di mana penyimpangan dari tujuan awal telah dicatat.

Sebagai Amirul Mukminin, saya tunjukkan di depan Parlemen pada tahun 2003, ketika memperkenalkan Moudouwana, atau Hukum Keluarga, bahwa saya tidak akan membuat sah apa yang dilarang oleh Yang Mahakuasa, juga tidak akan saya melarang apa yang telah Dia izinkan, terutama ketika itu datang ke hal-hal yang diatur oleh AlQuran dengan tegas.

Oleh karena itu, apapun keputusan yang dibuat dalam hal ini, saya ingin memastikan bahwa keputusan tersebut sesuai dengan ketentuan Syariah Islam dan kekhasan masyarakat Maroko, membangun, untuk tujuan itu, pada pendekatan yang moderat dan seimbang, di atas keterbukaan. interpretasi berpikiran serta pada konsultasi, dialog dan keterlibatan semua pemangku kepentingan yang bersangkutan.

Dalam nada yang sama, saya menyerukan pengadilan keluarga untuk didirikan di seluruh negeri, dan untuk menyediakan mereka dengan sumber daya manusia yang berkualitas dan sarana yang mereka butuhkan untuk menjalankan misi mereka dengan benar.

Setiap orang harus memahami bahwa memberikan hak-hak perempuan tidak berarti akan mengorbankan laki-laki, juga tidak berarti akan mengorbankan perempuan.

Kemajuan di Maroko bergantung pada status perempuan dalam masyarakat dan partisipasi efektif mereka di semua sektor pembangunan.

Warga yang terhormat,

Seperti diketahui, situasi beberapa tahun terakhir dipengaruhi oleh dampak krisis virus Corona di berbagai sektor sosial ekonomi.

Banyak orang, terutama dari segmen masyarakat yang rentan dan miskin, telah sangat terpengaruh secara sosial dan ekonomi.

Namun, atas rahmat Yang Maha Kuasa, kami berhasil melewati fase sulit itu dengan sukses dan dengan cara yang unik, berkat upaya bersama dari warga dan pihak berwenang.

Negara telah mengerahkan upaya luar biasa, mencurahkan sumber daya keuangan yang signifikan untuk mengatasi dampak pandemi COVID-19. Ini memberikan bantuan materi langsung kepada keluarga yang membutuhkan serta dukungan untuk sektor-sektor yang terkena dampak pandemi.

Negara juga memastikan barang-barang kebutuhan pokok tersedia secara terus menerus dan dalam jumlah yang cukup di seluruh negeri.

Demikian pula, semua orang setuju bahwa Maroko adalah salah satu negara pertama yang berhasil membeli vaksin yang dibutuhkan, menyediakannya secara gratis, tidak hanya untuk warganya, tetapi juga untuk penduduk asing, meskipun biayanya sangat tinggi.

Dalam situasi yang sama, kami mulai melaksanakan proyek besar yang bertujuan untuk mencapai cakupan perlindungan sosial universal serta peningkatan sistem kesehatan nasional kita.

Dalam nada yang sama, saya meluncurkan sejumlah proyek dengan tujuan untuk mencapai kedaulatan di sektor kesehatan dan memastikan warga negara kita aman dan terlindungi.

BACA JUGA  Menlu Maroko Naser Bourita dan Menlu Togo Resmi Buka Konsul di Dakhla

Dengan demikian, dalam waktu kurang dari setahun, jumlah pelanggan skema asuransi kesehatan wajib melebihi enam juta orang non-gaji dan tanggungan mereka.

Selain itu, jaminan kesehatan wajib akan selesai pada akhir tahun ini, setelah diperluas ke penerima manfaat dari rezim asuransi kesehatan bersubsidi yaitu RAMED.

Dan atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa, saya bertekad untuk memastikan implementasi skema tunjangan keluarga secara bertahap hingga akhir tahun 2023, sesuai dengan program yang ditetapkan untuk tujuan ini.

Hampir tujuh juta anak, kebanyakan dari keluarga miskin atau rentan -akan mendapat manfaat dari program nasional berbasis solidaritas ini, selain tiga juta rumah tangga tanpa anak usia sekolah.

Untuk itu, saya minta agar penuntasan daftar sosial terpadu dipercepat, karena ini akan menjadi alat utama untuk memberikan bantuan dan memastikan upaya ini efisien.

Warga yang terhormat,

Berkat upaya gabungan negara dan sektor publik dan swasta, ekonomi nasional kita terbukti tangguh dalam menghadapi krisis dan fluktuasi. Dengan demikian, hasil positif telah dicapai di semua sektor produktif.

Namun, fase pemulihan berumur pendek karena keadaan global saat ini.

Faktor eksternal ini, ditambah dengan musim pertanian yang sedang, menyebabkan harga beberapa komoditas melonjak. Ini adalah masalah yang mengganggu semua negara di dunia.

Menyadari dampak situasi ini pada mata pencaharian banyak segmen penduduk, saya telah meluncurkan program nasional untuk mengurangi dampak kekeringan pada petani dan penduduk pedesaan.

Saya juga telah menginstruksikan pemerintah untuk mengalokasikan dana yang cukup besar untuk mensubsidi beberapa barang kebutuhan pokok dan memastikannya tersedia di pasar.

Maroko layak tidak kurang!

Dalam hal ini, anggaran dana kompensasi menjadi dua kali lipat, melebihi 32 miliar dirham untuk tahun 2022.

Sejalan dengan ini, kita perlu meningkatkan mekanisme solidaritas nasional, dan spekulasi dan manipulasi pasar harus ditangani secara tegas dan bertanggung jawab.

Terlepas dari fluktuasi yang tercatat di tingkat global, kita harus tetap optimis dan fokus pada kekuatan kita.

Kita juga harus berupaya memanfaatkan peluang dan kemungkinan yang diciptakan oleh perubahan besar yang sedang berlangsung, terutama dalam hal menarik investasi, mendorong insentif ekspor, dan mempromosikan produk nasional.

Dalam hal ini, saya mendesak pemerintah serta pemangku kepentingan politik dan ekonomi untuk memfasilitasi misi investor asing yang memilih untuk datang ke negara kita dalam situasi global saat ini, dan untuk menghilangkan rintangan yang mungkin mereka hadapi.

Memang, bahaya terbesar bagi pembangunan negara dan promosi investasi adalah hambatan yang sengaja diciptakan oleh mereka yang mencari keuntungan pribadi. Praktik-praktik ini harus dilawan.

Warga yang terhormat,

Komitmen saya untuk meningkatkan kondisi sosial ekonomi adalah yang kedua setelah keinginan kuat saya untuk mengatasi prioritas Maroko di tingkat regional dan internasional.

BACA JUGA  Gebrakan Irjen Iqbal Dalam Pemberantasan Narkoba Di Riau Mendapatkan Dukungan BPI KPNPA RI

Dalam hal ini, saya ingin menegaskan, sekali lagi, bahwa perbatasan yang memisahkan dua bangsa Maroko dan Aljazair yang bersaudara, tidak akan pernah menghalangi interaksi dan pemahaman antara kedua bangsa.

Faktanya, kami ingin perbatasan ini berfungsi sebagai jembatan untuk membangun masa depan bersama bagi Maroko dan Aljazair, dan dengan demikian memberikan contoh bagi masyarakat lain di Maghreb.

Oleh karena itu saya menyerukan kepada warga Maroko untuk terus mematuhi prinsip-prinsip persaudaraan, solidaritas, dan bertetangga yang baik yang mengikat kita dengan saudara-saudari kita di Aljazair. Saya ingin meyakinkan warga Aljazair bahwa Maroko dan Maroko akan selalu berada di pihak mereka, apa pun yang terjadi dan dalam segala situasi.

Adapun tuduhan menuduh Maroko menghina Aljazair dan Aljazair, mereka yang tidak bertanggung jawab membuat mereka ingin menyulut api perselisihan antara dua bangsa bersaudara.

Apa yang dikatakan tentang hubungan Maroko-Aljazair tidak masuk akal dan sangat menyedihkan. Kami tidak dan tidak akan membiarkan siapa pun mempengaruhi saudara dan tetangga kami secara merugikan.

Sebagai orang Maroko, kami ingin menemukan jalan keluar dari situasi saat ini dan untuk mempromosikan ikatan, interaksi, dan pemahaman yang lebih dekat antara kedua bangsa.

Saya berharap dapat bekerja sama dengan kepresidenan Aljazair sehingga Maroko dan Aljazair dapat bekerja bergandengan tangan dan menikmati hubungan normal antara dua bangsa yang bersaudara, yang terikat oleh ikatan sejarah dan kemanusiaan serta takdir yang sama.

Warga yang terhormat,

Sejarah Maroko penuh dengan pelajaran dan pencapaian yang menegaskan bahwa kita selalu mengatasi krisis, berkat kohesi abadi antara takhta dan rakyat, dan pengorbanan yang dilakukan oleh orang Maroko yang gagah berani.

Hari ini, saya tidak bisa tidak berterima kasih dan memberi tahu Anda betapa saya menghargai cinta Anda untuk tanah air Anda,apa pun situasinya dan komitmen Anda terhadap persatuan nasional dan integritas teritorial Anda serta untuk membela simbol dan nilai-nilai sakral Anda.

Saya ingin mengambil kesempatan mulia ini untuk memberi hormat kepada Angkatan Bersenjata Kerajaan kami, Royal Gendarmerie, Pasukan Keamanan Nasional, Pasukan Pembantu dan Layanan Darurat karena dimobilisasi, setiap saat, di bawah kepemimpinan saya, untuk membela persatuan bangsa, keamanan dan stabilitas.

Saya juga ingin memberikan penghormatan, dengan segala hormat, kepada para martir bangsa yang gagah berani, khususnya kakek dan ayah saya yang terhormat, Yang Mulia Raja Mohammed V dan Raja Hassan II, semoga mereka beristirahat dalam damai.

Saya tidak dapat memikirkan cara yang lebih baik untuk menutup pidato ini selain Firman Yang Mahakuasa berikut ini:

“Maka sesungguhnya bersama setiap kesulitan ada kemudahan: sesungguhnya bersama setiap kesulitan ada kemudahan. Oleh karena itu, ketika kamu bebas (dari tugasmu yang mendesak), tetaplah bekerja keras, dan kepada Tuhanmu kembalikan (semua) perhatianmu”.

Sumber : DPP AJWI
Dikutip Mapnews

Share :

Baca Juga

Internasional

Menlu Maroko Naser Bourita dan Menlu Togo Resmi Buka Konsul di Dakhla

Internasional

How to Give Your 2016 Resolutions Staying Power

Internasional

Maroko Panggil Dubes di Tunisia, Putuskan Tak Ikut KTT Ticad ke-8

Internasional

Did You Know Your Eye Makeup Could Be Making You Sick?

Internasional

HRW Dinilai Maroko Sesatkan Opini Publik Terkait Laporan Terbaru

Internasional

Technician Education Can Fuel Financial Success

Infrastruktur

SilverSneakers Fitness Program Improves Older Adult’s Physical and Mental Health

Internasional

Fix a Leak Week Reminds Us to Evaluate our Home Plumbing