Sat Reskrim Polres Bogor Ungkap Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang Berkedok Yayasan Puan Harap Anggota BPK Terpilih Perkuat Pencegahan Kerugian Keuangan Negara H.Irvan Eka Mulyana Rayakan Ulang Tahun Untuk Putri Tercinta Umat Islam Penuhi Lapangan Tegar Beriman Saat Gelaran Tabliqh Akbar Malam Cinta Rasul Menyambut Maulid Rasul Perlu di Pertanyakan Kwalitasnya? Belum Selesai Dibangun, Ruas Betonisasi Jalan Karadenan – Pomad Sudah Retak dan Patah?

Home / TNI

Senin, 8 Agustus 2022 - 18:37 WIB

Prajurit Yonmarhanlan IV Tanjungpinang Mengikuti Latihan Penegakan Hukum Dilaut

Tanjungpinang – Dalam rangka menambah wawasan pengetahuan di bidang hukum, khususnya Kitab Undang -Undang Hukum Pidana Militer (KUHPM) dan memahami pasal demi pasal, baik Hukum Laut maupun Hukum Disiplin Militer, segenap prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV Tanjungpinang mengikuti pembekalan Hukum di lingkungan TNI Angkatan Laut, bertempat di Lapangan Apel Lantamal IV Jl. Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepri, Senin (08/08/2022).

Pembekalan yang diberikan Kadiskum Lantamal IV Letkol Laut (KH) Abriadi, S.H., M.M., bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pendalaman Undang-Undang yang berlaku di lingkungan TNI dan tentang hukum disiplin militer.

BACA JUGA  Gapai Cita-Cita Anak-anak Papua, Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Bagikan Tas Sekolah

Kadiskum Lantamal IV juga menyampaikan dengan adanya pengarahan bidang hukum ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih luas sehingga pada pelaksanaannya prajurit TNI AL khususnya prajurit di jajaran Lantamal IV dapat lebih teliti saat menghadapi permasalahan dan memilih pergaulan di luar jam dinas.

Berdasarkan undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, dalam pasal 9 disebutkan salah satu tugas TNI Angkatan Laut adalah menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yuridiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi. Selanjutnya kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 08 sampai dengan 11 Agustus 2022 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

BACA JUGA  Dr. Rieke Diah Pitaloka Tirtosudiro, M Hum Menduga Adanya Ketidak Transparan BPP BBM Dan Alokasi APBN Untuk Subsidi Energi

Pada kesempatan tersebut Danyonmarhanlan IV Tanjungpinang Letkol Marinir Kemal Mahdar, S.H.,M.Tr.Opsla saat dikonfirmasi mengatakan bahwa setiap prajurit TNI AL harus mengetahui tentang penegakkan hukum keamanan laut, diharapkan bagi peronel khususnya Prajurit Yonmarhanlan IV untuk mampu memahami organisasi dan prosedur penyelenggara operasi keamanan laut di wilayah kerja Lantamal IV. Minimal dapat memahami ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku yang berkaitan dengan tugas pokok dan Fungsi Yonmarhanlan IV.

BACA JUGA  Kegiatan Launching Aplikasi Prakarsa

Danyon juga menambahkan bahwa dengan adanya latihan ini diharapkan prajurit Yonmarhanlan IV mampu meningkatkan edukasi pengetahuan, khususnya di bidang hukum laut serta keterampilan di bidang penyidikan, sehingga nantinya mampu menangani dan memproses perkara tindak pidana tertentu secara professional. Tutupnya. (Dar)

Share :

Baca Juga

Medan

Pangdam I/BB Terima Silaturahmi Kemitraan PPAD Sumut

TNI

Pangdam I/BB resmikanKoramil 02/Sekupang Kodim 0316/Batam

TNI

Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Hadiri Pembukaan Acara Gawai Serumpun Tampun Juah (GSTJ)

Jakarta

Mayjen Totok Imam Santoso Resmi Jabat Pangdam Hasanuddin

Kota Bogor

Danrem 061/Sk Brigjen TNI Rudy Saladin MA, pimpin acara serah terima Jabatan Komandan Yonif 315/Grd

TNI

Dalam Rangka Penyiapan HUT RI Ke-77, Personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani Menjadi Pelatih Paskibraka Di Perbatasan

TNI

Pangdam I/BB Bersama Gubsu dan Konjen Malaysia Gelar Bicycle Diplomacy 2 Negara

Olahraga

Karateka Yonif Raider 300/Bjw, Raih Juara 2 dan 3 Kata Beregu Kategori TNI-Polri Piala Kadisjas TNI AD