Seorang Terduga Pelaku Curanmor Tertangkap Warga, Pihak Kepolisian Lakukan Penyidikan Percepat Realisasi APBD Sejak Awal Tahun, Kemendagri Turun Langsung ke Kota Sorong Ketiga kalinya Jasiman Sitorus, S.Kom., MM Terpilih kembali menjadi Ketum Sitorus Bogor Dohot Boruna Worskhop DPC AJWI, Bangun Sinergitas Dengan APWMI Dengan Memberikan Fasilitas Free Premi BPJS Bagi Peserta Pelatihan Llt Bupati Bogor Ingin Optimalkan Keberadaan Hutan Kota Pakansari Untuk Jaga Keseimbangan Ekosistem Lingkungan

Home / TNI

Senin, 8 Agustus 2022 - 18:37 WIB

Prajurit Yonmarhanlan IV Tanjungpinang Mengikuti Latihan Penegakan Hukum Dilaut

Tanjungpinang – Dalam rangka menambah wawasan pengetahuan di bidang hukum, khususnya Kitab Undang -Undang Hukum Pidana Militer (KUHPM) dan memahami pasal demi pasal, baik Hukum Laut maupun Hukum Disiplin Militer, segenap prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV Tanjungpinang mengikuti pembekalan Hukum di lingkungan TNI Angkatan Laut, bertempat di Lapangan Apel Lantamal IV Jl. Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepri, Senin (08/08/2022).

Pembekalan yang diberikan Kadiskum Lantamal IV Letkol Laut (KH) Abriadi, S.H., M.M., bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pendalaman Undang-Undang yang berlaku di lingkungan TNI dan tentang hukum disiplin militer.

BACA JUGA  Tangkal Ancaman Polarisasi Bangsa, TNI AD Gelar Bincang-Bincang Kebangsaan

Kadiskum Lantamal IV juga menyampaikan dengan adanya pengarahan bidang hukum ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih luas sehingga pada pelaksanaannya prajurit TNI AL khususnya prajurit di jajaran Lantamal IV dapat lebih teliti saat menghadapi permasalahan dan memilih pergaulan di luar jam dinas.

Berdasarkan undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, dalam pasal 9 disebutkan salah satu tugas TNI Angkatan Laut adalah menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yuridiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi. Selanjutnya kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 08 sampai dengan 11 Agustus 2022 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

BACA JUGA  Mayjen Totok Imam Santoso Resmi Jabat Pangdam Hasanuddin

Pada kesempatan tersebut Danyonmarhanlan IV Tanjungpinang Letkol Marinir Kemal Mahdar, S.H.,M.Tr.Opsla saat dikonfirmasi mengatakan bahwa setiap prajurit TNI AL harus mengetahui tentang penegakkan hukum keamanan laut, diharapkan bagi peronel khususnya Prajurit Yonmarhanlan IV untuk mampu memahami organisasi dan prosedur penyelenggara operasi keamanan laut di wilayah kerja Lantamal IV. Minimal dapat memahami ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku yang berkaitan dengan tugas pokok dan Fungsi Yonmarhanlan IV.

BACA JUGA  Sasaran Fisik TMMD Ke-115 Kodim 1403/Palopo Terus Dikejar

Danyon juga menambahkan bahwa dengan adanya latihan ini diharapkan prajurit Yonmarhanlan IV mampu meningkatkan edukasi pengetahuan, khususnya di bidang hukum laut serta keterampilan di bidang penyidikan, sehingga nantinya mampu menangani dan memproses perkara tindak pidana tertentu secara professional. Tutupnya. (Dar)

Share :

Baca Juga

TNI

Dalam Rangka Penyiapan HUT RI Ke-77, Personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani Menjadi Pelatih Paskibraka Di Perbatasan

Jakarta

Mayjen Totok Imam Santoso Resmi Jabat Pangdam Hasanuddin

TNI

Beri Semangat Dan Motivasi Anak-anak Di Papua, Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Lakukan Ini

TNI

Pangkogabwilhan II Tinjau Tahura Mangrove Ngurah Rai

TNI

Pangdam I/BB Apresiasi Prajurit Yonif 123/RW Berhasil Rebut Hati dan Pikiran Rakyat Papua

TNI

Bantu orang tua asuh, Tim Satgas TMMD Perbaiki Alat Tangkap Ikan

TNI

Sambangi Kampung Nelayan, Babinsa Komsos Dengan Pembuat Perahu Tradisional

Bandung

Jelang HUT TNI, Pangdam III/Slw Hadiri Ziarah Rombongan di TMP Cikutra