Seorang Terduga Pelaku Curanmor Tertangkap Warga, Pihak Kepolisian Lakukan Penyidikan Percepat Realisasi APBD Sejak Awal Tahun, Kemendagri Turun Langsung ke Kota Sorong Ketiga kalinya Jasiman Sitorus, S.Kom., MM Terpilih kembali menjadi Ketum Sitorus Bogor Dohot Boruna Worskhop DPC AJWI, Bangun Sinergitas Dengan APWMI Dengan Memberikan Fasilitas Free Premi BPJS Bagi Peserta Pelatihan Llt Bupati Bogor Ingin Optimalkan Keberadaan Hutan Kota Pakansari Untuk Jaga Keseimbangan Ekosistem Lingkungan

Home / Nasional

Selasa, 13 Desember 2022 - 22:44 WIB

Presiden Bertolak ke Belgia Hadiri KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa

Tangerang, (MGA) – Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo bertolak menuju Belgia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa. Dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Presiden dan rombongan lepas landas menggunakan pesawat Boeing 777 Garuda Indonesia-1 pada Selasa, 13 Desember 2022, sekitar pukul 09.00 WIB.

“Pagi hari ini, saya bersama Ibu Negara dan juga delegasi terbatas akan menuju Brussel di Belgia dalam rangka menghadiri KTT ASEAN-EU dalam rangka 45 tahun hubungan ASEAN dan Uni Eropa,” ujar Presiden dalam keterangannya sebelum lepas landas.

BACA JUGA  Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol, Polres Bogor Gelar Penyelidikan

Kepala Negara menyebut bahwa Uni Eropa adalah mitra dagang ASEAN ketiga terbesar setelah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Amerika Serikat. Total perdagangan ASEAN-Uni Eropa pada 2021 mencapai USD268,9 miliar.

Sementara itu, investasi asing langsung atau _foreign direct investment_ (FDI) Uni Eropa ke ASEAN mencapai USD26 miliar pada tahun 2021. Uni Eropa adalah sumber FDI terbesar kedua di ASEAN setelah RRT.

“Inilah kenapa terus kita perkuat, terus kita tingkatkan hubungan yang baik antara ASEAN dan Uni Eropa. Juga tentu saja negara kita Indonesia ingin agar perdagangan kita meningkat antara Indonesia dan EU dan juga investasi dari Uni Eropa ke Indonesia juga terus meningkat,” paparnya.

BACA JUGA  Polres Bogor Kerahkan Tim Kesehatan Bantu Korban Gempa di Cianjur

Dalam lawatannya kali ini, Presiden Jokowi akan berada di Belgia kurang dari 24 jam. Setelah seluruh kegiatan di Belgia selesai, Kepala Negara akan langsung pulang ke Tanah Air.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Brussel, Belgia yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

BACA JUGA  Presiden Jokowi Ungkap Tiga Hal yang Akan Dongkrak Daya Saing Indonesia

Sementara itu, sejumlah menteri telah berada di Belgia yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Tampak melepas keberangkatan Presiden dan rombongan yaitu Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Pj. Gubernur Banten Al Muktabar.

Sumber:
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Share :

Baca Juga

Nasional

Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Gelar Rakor Penyerahan Aset 3 Daerah Otonom Baru di Provinsi Papua

Nasional

Jajal Setir Mobil Listrik Keliling Gedung Parlemen, Puan: DPR Siap Terima Delegasi P20

Nasional

Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Agus Fatoni Minta Pemda Fokus Anggarkan Penanganan Inflasi

Nasional

DPR Sahkan Anggota Komnas HAM Terpilih, Puan: Semoga Hak-hak Perempuan Semakin Terjamin

Nasional

Pimpin Sidang P20, Puan Ingatkan Gangguan Rantai Pasok Pangan Harus Diatasi Bersama

Nasional

” Alahmak.. Langsung Masuk Tahap Penyidikan, Dini Maria Bingung Tidak pernah dipanggil Klarifikasi oleh Penyidik Jatanras PMJ “

Nasional

PDIP akan Gelar Peringatan Bung Hatta di Bulan Agustus, Ingatkan Pemikiran Sejumlah Tokoh Nasional

Nasional

Dihadapan Jenderal Andika Perkasa, Megawati Beberkan Cara Memasak yang Baik