Kejadian bencana Longsor diakibatkan Dinding Tebing Abrasi Tidak Sanggup Menahan Beban Bangunan Rumah Lestarikan Kebudayaan Sunda, DPRD Kota Bogor Bersinergi Dengan Pemkot Bogor Senator Fachrul Razi Terima Penghargaan Tokoh Nasional Inspiratif 2022 Polsek Parung Bergerak Cepat Amankan 4 Pelajar Terlibat Tawuran GSJA Wilayah VI Kabupaten Pasangkayu Menggelar Ibadah Perayaan Natal

Home / Internasional

Minggu, 13 November 2022 - 21:03 WIB

Presiden Jokowi Dorong Kerja Sama Konkret ASEAN-Kanada

Kamboja, (MGA) – Presiden Joko Widodo mendorong peningkatan kemitraan ASEAN – Kanada menjadi Kemitraan Strategis dengan menghadirkan lebih banyak kerja sama konkret. Hal tersebut disampaikannya saat berbicara pada KTT Peringatan ASEAN – Kanada di Hotel Sokha, Phnom Penh, Sabtu, 12 November 2022.

“Kerja sama dalam konteks Indo-Pasifik dapat dijadikan salah satu kick-off project antara ASEAN dan Kanada,” ucap Presiden Jokowi dalam KTT yang dihadiri pemimpin ASEAN dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

BACA JUGA  Blusukan Bareng Gibran Bagikan Bantuan ke Warga, Puan: Solo Selalu di Hati Saya

Menurut Presiden Jokowi, isu keamanan di kawasan Indo-Pasifik tentu sangat penting, namun isu ekonomi dan pembangunan tidaklah kalah penting.

“Asean Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) memiliki empat prioritas kerja sama yaitu konektivitas, maritim, pencapaian SDGs dan perdagangan investasi. Kanada dapat secara konkret menjadi mitra ASEAN dalam pelaksanaan AOIP,” ungkap Presiden.

BACA JUGA  Kapolres Palopo Lakukan Pengecekan Lokasi Banjir Dan Berikan Bantuan Kepada Korban Banjir Di Salah Wilayah Kota Palopo

Tahun depan, Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN dan Indonesia akan menyelenggarakan Indo-Pacific Infrastructure Forum. “Indonesia mengundang Kanada berpartisipasi dalam forum tersebut,” kata Presiden Jokowi.

Presiden juga menyampaikan, ditengah dunia yang sedang tidak kondusif ini, justru menjadi lebih penting untuk mengisinya dengan kerja sama konkret yang saling menguntungkan.

BACA JUGA  How to Give Your 2016 Resolutions Staying Power

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam KTT ASEAN-AS yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Phnom Penh, 12 November 2022
Sumber :
Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Share :

Baca Juga

Internasional

Presiden Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan Sekjen PBB

Internasional

Dikunjungi Mendagri, WNI di Sapporo Jepang Gembira Dapatkan Identitas Digital

Internasional

Kunjungi Indonesia Center di Busan, Puan Dorong Promosi Budaya RI Agar Bisa Seperti K-Pop

Internasional

Tiga Hal Fokus Utama Presiden Jokowi Hadapi Tantangan Krisis Ekonomi di ASEAN

Internasional

Presiden Jokowi Hadiri Jamuan Makan Malam PM Kamboja

Internasional

PKNU Korea Selatan Siap Anugerahkan Gelar Doktor Honoris Causa untuk Puan

Internasional

KTT ASEAN-Australia: Indonesia Ajak Australia Lakukan Kerja Sama Inklusif di Indo-Pasifik

Internasional

Bertemu Ketua DPR Inggris, Puan Sampaikan Belasungkawa RI Atas Wafatnya Ratu Elizabeth II