Polsek Cibinong Bergerak Cepat Bubarkan Gerombolan Pelajar Bawa Sajam Hadiri Diskusi Publik Pekan HAM Kota Bogor, JM Ajak Partisipasi Masyarakat Jalankan Perda Perlindungan Disabilitas Peduli Korban Cianjur, DPRD Kota Bogor Salurkan Bantuan Melalui PWI dan Gerakan Anak Negeri Bertemu Pimpinan Parlemen Qatar, Puan Dorong Peningkatan Investasi di RI Presiden Jokowi Pastikan Pembangunan Rumah Warga Relokasi Gempa Cianjur Dimulai

Home / Internasional

Jumat, 18 November 2022 - 23:27 WIB

Presiden Kembali ke Tanah Air Usai Hadiri KTT APEC Thailand

Bangkok, (MGA) – Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo bertolak kembali ke Tanah Air usai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Bangkok, Thailand. Presiden dan rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Suvarnabhumi dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1, Jumat, 18 November 2022, sekitar pukul 19.10 waktu setempat.

Tampak melepas keberangkatan Presiden yaitu Wakil Perdana Menteri Thailand Wissanu Krea-ngam beserta istri, Watcharaporn Krea-ngam; Dubes RI di Bangkok, Rachmat Budiman dan istri Riet Rietanty; Athan RI di Bangkok, Kolonel Inf. Yesi Kristian Mambu dan istri, Jona Arya Dilla; serta Athud RI di Bangkok Kolonel Pas. Firman Manurung.

BACA JUGA  DPR Sahkan UU Pemekaran Papua Barat Daya, Puan: Kesejahteraan Masyarakat Harus Meningkat

Selama di Thailand, Presiden Jokowi menghadiri jamuan makan malam para pemimpin APEC, sesi KTT APEC, hingga sejumlah dialog. Di sela-sela KTT, Presiden Jokowi juga menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, Chief Executive Hong Kong John Lee, dan Perdana Menteri Arab Saudi Mohammed bin Salman.

BACA JUGA  Dijamu Makan Siang, Puan Ajak Parlemen Korea Kolaborasi Kepemimpinan di Asia

Pada KTT APEC, Presiden Joko Widodo mendorong pemimpin ekonomi APEC untuk memperkuat kerja sama konkret dalam menghadapi krisis global, mulai dari krisis pangan, krisis energi, krisis lingkungan, hingga ancaman resesi.

Presiden Jokowi juga mendorong perwujudan APEC Food Security Roadmap Towards 2030 untuk memastikan ketahanan pangan melalui teknologi yang inovatif dan digitalisasi, peningkatan produktivitas dan efisiensi sistem pangan, serta kebijakan yang inklusif dan berkelanjutan.

BACA JUGA  Presiden Lakukan Pertemuan dengan MBS

Sementara itu, pada sesi Dialog Informal Pemimpin APEC dengan sejumlah undangan, Presiden Joko Widodo mengemukakan dua sektor prioritas yang bisa mendorong upaya pemulihan ekonomi global. Kedua sektor tersebut yaitu membangun rantai pasok yang lebih tangguh dan kerja sama industri kreatif sebagai sumber pertumbuhan baru.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Tanah Air yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sumber:
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Share :

Baca Juga

Internasional

Bertemu Ketua DPR Korsel, Puan Sampaikan Duka Atas Tragedi Itaweon

Internasional

Menlu Maroko Naser Bourita dan Menlu Togo Resmi Buka Konsul di Dakhla

Internasional

Kunjungi Indonesia Center di Busan, Puan Dorong Promosi Budaya RI Agar Bisa Seperti K-Pop

Infrastruktur

SilverSneakers Fitness Program Improves Older Adult’s Physical and Mental Health

Internasional

How to Give Your 2016 Resolutions Staying Power

Internasional

Sambangi Itaewon, Puan Letakkan Karangan Bunga di Memorial Korban Tragedi Itaewon

Internasional

Peace20 Berhasil Membuat Rekor Dunia Buku Tertebal Dengan Pesan Perdamaian

Internasional

Pidato Lengkap Raja Maroko Saat Ultah Kenaikan Tahta ke 23