Kejadian bencana Longsor diakibatkan Dinding Tebing Abrasi Tidak Sanggup Menahan Beban Bangunan Rumah Lestarikan Kebudayaan Sunda, DPRD Kota Bogor Bersinergi Dengan Pemkot Bogor Senator Fachrul Razi Terima Penghargaan Tokoh Nasional Inspiratif 2022 Polsek Parung Bergerak Cepat Amankan 4 Pelajar Terlibat Tawuran GSJA Wilayah VI Kabupaten Pasangkayu Menggelar Ibadah Perayaan Natal

Home / Nasional

Minggu, 2 Oktober 2022 - 10:20 WIB

Sail Tidore 2022 Segera Digelar, Kementerian Dalam Negeri Dorong Daerah Optimalkan Persiapan

TIDORE, MGA – Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Teguh Setyabudi mengunjungi lokasi pelaksanaan Sail Tidore 2022 di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara pada hari Jumat, 30 September 2022.

Dalam kunjungannya, Teguh bertandang ke Kantor Sekda Kota Tidore Kepulauan untuk berkoordinasi terkait persiapan pelaksanaan Sail Tidore dengan perangkat daerah terkait.

“Kami mengapresiasi Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara dan Kota Tidore Kepulauan yang telah melakukan berbagai upaya persiapan rangkaian acara Sail Tidore 2022. Kami bisa pastikan bahwa Sail Tidore 2022 akan tetap dilaksanakan dan tidak akan ada lagi pengunduran jadwal, sebagaimana disampaikan oleh Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi pada rapat tingkat Menteri tanggal 27 September lalu” tegas Teguh.

BACA JUGA  KABINTALJARAHDAM XIV/HSN SAMBANGI PESANTREN NURUL FALAH ENREKANG GELAR KAMPANYE KREATIF WERVING SUMBER SANTRI

Diharapkan Daerah dapat mengoptimalkan seluruh sumber daya untuk mendukung suksesnya acara Sail Tidore 2022 ini, mengingat waktu persiapan yang hanya kurang dari 2 bulan ini. Beberapa kendala termasuk perubahan jadwal pada acara puncak perlu menjadi perhatian.

“Untuk itu, beberapa kegiatan yang dianggap masih minim persiapan dapat ditiadakan untuk memaksimalkan potensi yang ada” ungkap Teguh.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh jajaran perangkat daerah di Provinsi Maluku Utara dan Kota Tidore Kepulauan ini disampaikan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan oleh daerah baik dari sisi infrastruktur maupun teknis dan jadwal kegiatan.

BACA JUGA  Pantau Langsung Pencarian Mahasiswi IPB di Dadali, Atang Beri Dukungan Moril Kepada Tim SAR dan Kerabat Korban

Beberapa yang perlu menjadi highlight yaitu bahwa Daerah juga telah menyiapkan Event Organizer (EO) lokal yang akan membantu Daerah dalam penyelenggaraan Sail Tidore ini, yang ke depannya tentu harus selalu berkoordinasi dengan EO nasional.

Penyelenggaraan Puncak Acara Bulan Kebudayaan Batak dan Pra Kongres I Kebudayaan Batak Toba, Siap Dilaksanakan
Selain itu, Daerah juga menyiapkan 100 stand pameran lokal untuk mengakomodir UMKM provinsi maupun kabupaten/kota.

BACA JUGA  Puan: Suporter Olahraga Dilindungi UU, Berhak Dapat Jaminan Keselamatan dan Keamanan

Teguh menyampaikan bahwa masih terdapat beberapa kegiatan dalam acara puncak yang memerlukan koordinasi intens antara Pemerintah Pusat dan Daerah, seperti mekanisme dan teknis pengamanan kunjungan Presiden, EO untuk acara puncak, kebutuhan transportasi dan akomodasi tamu/peserta, serta forum investasi.

Termasuk usulan penyusunan MoU atau kesepakatan antara Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan terkait pencanangan pembangunan jembatan dan bandara.

Kunjungan dilanjutkan dengan tinjau lokasi Pantai Tugulufa pasca kunjungan lapangan yang telah dilaksanakan oleh Tim Ditjen Bina Pembangunan Daerah pada Bulan Agustus 2022 lalu untuk mengecek progres persiapan venue acara puncak Sail Tidore 2022.(red)

Share :

Baca Juga

Internasional

Technician Education Can Fuel Financial Success

Nasional

Puan: RI Siap Dorong Negara G20 Bergerak Nyata Atasi Krisis Pangan di Forum P20

Nasional

Terima Pin Emas di Rapimnas SMSI, Kasad Ajak Insan Pers Tangkal Berita Hoaks

Nasional

Dirjen Bina Bangda Ingatkan Pemda Sediakan Data Anak Tidak Sekolah Yang Valid

Nasional

DPP PDIP Akan Jalan Kaki Menuju KPU untuk Daftar Pemilu 2024

Nasional

Dihadapan Jenderal Andika Perkasa, Megawati Beberkan Cara Memasak yang Baik

Nasional

Puan: Antisipasi Modus Baru Perdagangan Manusia Terhadap Pekerja Migran Indonesia

Nasional

Cek Persiapan Sidang Tahunan DPR, Puan Ungkap Makna Penggunaan Ornamen Batik Khas Yogyakarta