DPR Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Puan: Bagian Komitmen Selamatkan Bumi Sat Reskrim Polres Bogor Ungkap Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang Berkedok Yayasan Puan Harap Anggota BPK Terpilih Perkuat Pencegahan Kerugian Keuangan Negara H.Irvan Eka Mulyana Rayakan Ulang Tahun Untuk Putri Tercinta Umat Islam Penuhi Lapangan Tegar Beriman Saat Gelaran Tabliqh Akbar Malam Cinta Rasul Menyambut Maulid Rasul

Home / Nasional

Kamis, 21 Juli 2022 - 19:45 WIB

Terima Pin Emas di Rapimnas SMSI, Kasad Ajak Insan Pers Tangkal Berita Hoaks

Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman pada Rapat Kerja Pimpinan Nasional (Rapimnas) SMSI tahun 2022 di Aula A. H. Nasution, Mabesad, Jakarta, Kamis (21/7/22). FOTO : Dispen TNI-AD

Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman pada Rapat Kerja Pimpinan Nasional (Rapimnas) SMSI tahun 2022 di Aula A. H. Nasution, Mabesad, Jakarta, Kamis (21/7/22). FOTO : Dispen TNI-AD

JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman mengajak insan pers untuk berperan aktif dalam menangkal merebaknya penyebaran hoaks dan berita kebohongan dengan memberikan berita-berita kebenaran.

Ajakan itu disampaikan Kasad selaku Ketua Dewan Pembina Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat saat membuka Rapat Kerja Pimpinan Nasional (Rapimnas) SMSI tahun 2022 yang digelar di Aula A. H. Nasution, Mabesad, Jakarta, Kamis (21/7/22).

Dikatakan Kasad, perkembangan teknologi dan informasi di era digital telah menghadirkan tantangan dan ancaman baru bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, dimana era post-truth telah menandai pergeseran sosial yang melibatkan media arus utama (mainstream) dan para pembuat opini di mana fakta berkontestasi dengan hoaks dan kebohongan untuk dipercaya publik.

BACA JUGA  Bertemu Para Pimpinan Lembaga Negara, Presiden Jokowi Bahas Krisis Global

Oleh karenanya lanjut Kasad, dengan hadirnya media sosial, maka media mainstream tidak lagi menjadi rujukan utama, sehingga menjadi tantangan bagi media siber khususnya bagi SMSI dalam menangkal pemberitaan yang mengandung unsur hoaks.

“Saya berharap dengan keberadaan SMSI ini bisa menetralisir keadaan, serta dapat mengcounter berita-berita kebohongan dengan memberikan berita kebenaran,” ujarnya.

Di hadapan sekitar 250 peserta Rapimnas SMSI tersebut, Kasad juga mengajak untuk mengembangkan jurnalisme damai yaitu menyediakan informasi yang jujur, jernih, dan seluas mungkin mengenai apa yang layak dan perlu diketahui oleh masyarakat dengan mengedepankan fakta dan Kode Etik Jurnalistik.

BACA JUGA  Tak Terpengaruh Cuaca Panas, Satgas TMMD ke 114 Mulai Pembuatan Surau

“Jadikan Kode Etik Jurnalistik sebagai azas dalam melakukan aktivitas pemberitaan, serta mengembalikan esensi Jurnalistik yang ideal dengan motif menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta ikut merawat dan bersungguh-sungguh menjaga nilai-nilai ideologi Pancasila, pondasinya adalah NKRI, tiangnya adalah persatuan dan kesatuan, atapnya adalah kebhinnekaan,” pesan Jenderal Dudung.

Lebih lanjut Kasad berpesan untuk manfaatkan momen Rapimnas SMSI ini untuk membahas hal-hal yang bersifat membangun sinergitas yang konstruktif antara media massa, Dewan Pers, KPI, Pemerintah dan masyarakat.

Dalam Rapimnas SMSI 2022 ini, Kasad dianugerahi Pim Emas yang disematkan langsung oleh Firdaus selaku Ketua Umum SMSI, sekaligus menjadi saksi dalam Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara SMSI dengan Pusat Sandi dan Siber TNI Angkatan Darat (Pussansiad).

BACA JUGA  Puan: Masifkan Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat Soal Cacar Monyet

Adapun salah satu materi dalam Rapimnas diantaranya Bimtek News Room dan diskusi terbatas yang disampaikan oleh Danpussansiad Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie, serta kegiatan bedah buku Kasad yang berjudul “Loper Koran Jadi Jenderal, Seni memimpin Jenderal TNI Dudung Abdurachman.”

Turut hadir dalam acara pembukan Rapimnas, para pejabat utama TNI AD, Ketua Dewan Pers, Prof. Dr. Azyumadi Azra, Ketua Umum PWI Atal S. Depari, Dewan Pertimbangan SMSI Budiman Sudjatmiko, para Dewan Pakar, Pembina dan penasehat SMSI pusat. (Dispen TNI-AD)

Share :

Baca Juga

Nasional

Presiden Jokowi Ungkap Tiga Hal yang Akan Dongkrak Daya Saing Indonesia

Nasional

Kasus 27 Juli, Tragedi Kelam Kemanusiaan dalam Sejarah Demokrasi Indonesia

Nasional

Puan: Masifkan Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat Soal Cacar Monyet

Internasional

Did You Know Your Eye Makeup Could Be Making You Sick?

Nasional

Jokowi Apresiasi Tokoh Dunia Muhammad Ja’far Hasibuan Ilmuwan Kelas Dunia Segudang Prestasi Dunia dari Indonesia

Nasional

Hasto: Pemilu 2024 Harus Jadi Ajang Orkestrasi Prestasi

Nasional

Kemendagri, Korlantas dan Jasa Raharja Resmikan Sekretariat Bersama Pembina Samsat Nasional

Nasional

Puan: Aturan Distribusi Pertalite Harus Jamin Subsidi BBM Tepat Sasaran