DPR Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Puan: Bagian Komitmen Selamatkan Bumi Sat Reskrim Polres Bogor Ungkap Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang Berkedok Yayasan Puan Harap Anggota BPK Terpilih Perkuat Pencegahan Kerugian Keuangan Negara H.Irvan Eka Mulyana Rayakan Ulang Tahun Untuk Putri Tercinta Umat Islam Penuhi Lapangan Tegar Beriman Saat Gelaran Tabliqh Akbar Malam Cinta Rasul Menyambut Maulid Rasul

Home / Jakarta

Kamis, 11 Agustus 2022 - 23:52 WIB

Terkait KRI Dewaruci, KSAL Apresiasi Peran Megawati

Jakarta- Presiden Kelima RI, Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri, menjadi pembicara kunci Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara yang digelar TNI Angkatan Laut di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono menyambut kedatangan Megawati.
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mendampingi Megawati dalam kesempatan ini. Hadir juga Wakil Ketua MPR RI Dr. Lestari Moerdijati, yang juga menjadi pembicara.

Yudo kemudian mengajak Megawati dan peserta menuju KRI Dewa Ruci yang sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok.

“Selamat datang dan terimakasih atas kesediaan Ibu Prof. Dr. H.C Megawati Soekarnoputri yang memenuhi undangan kami sebagai keynote speaker dalam talkshow ini. Yang lalu ibu pernah hadir di tengah-tengah prajurit jalasena, hari ini ibu hadir kembali bahkan di atas kapal perang kebanggaan kita, KRI Dewaruci,” kata Yudo.

BACA JUGA  PDIP Kirim Data Sipol ke KPU Secara Online, Tunjukkan Komitmen Hadapi Pemilu 2024

Ditambahkannya, Megawati adalah presiden perempuan pertama di Indonesia. Meskipun bukan dari kalangan militer tetapi memiliki kepedulian dan perhatian sangat besar terhadap pembangunan kekuatan militer, khususnya TNI, dan terkhusus lagi TNI Angkatan Laut.

“Bagi TNI AL, KRI Dewaruci ini adalah berkat jasa beliau yang sangat besar, jika bukan perhatian dan jasa besar ibu Megawati kapal ini sudah jadi museum,” tambah Yudo.

BACA JUGA  Paham Ekstremisme Masih Incar Anak Muda, Narasi Toleransi Harus Diperkuat

KSAL mengatakan melalui perjuangan Megawati kapal ini sudah berumur 69 tahun dan masih tetap eksis dan merupakan kapal kebanggan Indonesia dan dari sinilah terlahir para pemimpin angkatan laut para prajurit-prajurit jalasena yang gagah perkasa.

Terlihat sejumlah undangan terlihat hadir antara lain Laksamana TNI Bernard Kent Sondakh, Sujiwo Tejo (Budayawan), Kepala Perpustakaan Nasional, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Perwakilan

Usai sambutan Megawati, di tempat yang sama akan digelar juga talkshow Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara dengan narasumber: Kepala Dinas Sejarah TNI Angkatan Laut (Kadisjarahal), Laksma TNI Eko Gajah Seno, pengamat militer Dr. Connie Rahakundini Bakri, Dosen Sejarah Undip Semarang, Dr. Alamsyah dan Guru Besar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Prof. Ratno Lukito.

BACA JUGA  Kasus 27 Juli, Tragedi Kelam Kemanusiaan dalam Sejarah Demokrasi Indonesia

Untuk diketahui, Ratu Kalinyamat merupakan salah satu putri dari Raja Demak Trenggana (1521-1546). Dia dalah seorang ratu dari Kerajaan Kalinyamat di Jepara. Ratu Kalinyamat satu-satunya raja wanita pada abad 16 yang berani dan berhasil membangun kekuatan Angkatan Laut yang besar dan kuat.

Ratu Kalinyamat memiliki peran penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan Portugis pada abad XV.

Share :

Baca Juga

Jakarta

Disabilitas Jabar Dapat Bantuan Sembako dari DPP Pertani HKTI

Jakarta

Percepat Realisasi APBD, Dirjen Keuangan Daerah Agus Fatoni Ingatkan Daerah Jangan Ragu Lakukan Lelang Dini, Sudah Jelas Aturannya

Jakarta

ALUMNI GMKI DIHARAPKAN AKTIF DALAM PEMBANGUNAN

Jakarta

Mayjen Totok Imam Santoso Resmi Jabat Pangdam Hasanuddin

Jakarta

Sudirman D’Hurry Pimpin Perayaan HUT TP Sriwijaya & Srikandi TP Sriwijaya dengan Potong Tumpeng & Tabur Bunga

Jakarta

Luncurkan Buku Suara Kebangsaan, Hasto Sajikan Substansi Berat dengan Bahasa Kerakyatan

Jakarta

Aliansi Perdamaian dan Keadilan (ALIANSI PEREKAD) MEMBUAT SURAT TERBUKA

Jakarta

Hanasui Hadirkan Power Serum sebagai Sahabat Kulit Cantikmu