Ketiga kalinya Jasiman Sitorus, S.Kom., MM Terpilih kembali menjadi Ketum Sitorus Bogor Dohot Boruna Worskhop DPC AJWI, Bangun Sinergitas Dengan APWMI Dengan Memberikan Fasilitas Free Premi BPJS Bagi Peserta Pelatihan Llt Bupati Bogor Ingin Optimalkan Keberadaan Hutan Kota Pakansari Untuk Jaga Keseimbangan Ekosistem Lingkungan Sekjen Kemendagri Minta Jajaran Sekda Jalankan Tugas Bantu Kepala Daerah Bertemu Lindsay Hoyle di Inggris, Puan Minta Tak Ada Diskriminasi Produk RI

Home / Jakarta

Minggu, 11 Desember 2022 - 08:11 WIB

TNI AL Perkuat Kerja Sama Militer dengan AL Filipina

Jalesveva Jayamahe
Jakarta,(MGA) – Delegasi TNI Angkatan Laut (TNI AL) melaksanakan pembicaraan kerjasama dengan delegasi Philippine Navy (PN) dalam rangka Navy to Navy Cooperation Meeting (NTNCM) ke-13 yang diselenggarakan mulai 7 – 9 Desember 2022 di Manila-Filipina. (10 Desember 2022)

Dalam pertemuan ini dibahas kerja sama bilateral antara angkatan laut kedua negara yang meliputi latihan, pendidikan, kunjungan pejabat, serta kegiatan lainnya.

Kegiatan yang telah terlaksana sejak tahun 2009 lalu ini merupakan bukti konkret akan komitmen kedua angkatan laut untuk saling menjaga stabilitas keamanan maritim di kawasan yang semakin kompleks dan menantang.

BACA JUGA  Keren! Boomerang Reload Sukses Guncang Panggung Rock In Celebes 2022

Dalam pertemuan tersebut, TNI AL dipimpin oleh Wakil Asisten Operasi Kasal, Laksma TNI Retiono Kunto dengan beberapa perwira staf TNI AL yang membidangi perencanaan operasi, latihan, intelijen dan juga pendidikan serta didampingi oleh Atase Pertahanan RI di Manila. Sedangkan pihak AL Filipina dipimpin oleh Chief of Naval Staff, Comodore Jose Ma Ambrosio beserta perwira staf markas besar AL Filipina.

Ketua delegasi TNI AL menyampaikan bahwa sebagai sesama negara kepulauan, tentunya kedua angkatan laut memiliki kesamaan dalam mengamankan wilayah perairannya, apalagi Indonesia dan Filipina merupakan negara tetangga yang saling berbagi lautan, sehingga diperlukan kerja sama yang kuat dengan azas saling percaya untuk menciptakan keamanan maritim di wilayah masing-masing maupun kawasan.

BACA JUGA  Presiden: Indonesia Miliki Potensi dan Kekuatan Besar, Harus Optimistis

Delegasi TNI AL juga melaksanakan courtesy call kepada kepala staf angkatan laut Filipina, Laksda Torobio Dulinayan Adaci Jr di Naval Station Jose Andrada, Manila. Dalam pertemuan tersebut, Ketua delegasi TNI AL menyampaikan selamat atas pelantikan Laksda Torobio Dulinayan Adaci Jr sebagai Flag Officer in Command angkatan laut Filipina ke-40, dan berharap dalam kepemimpinannya, angkatan laut Filipina akan semakin besar dan kuat, serta kedepannya persahabatan antara TNI AL dan AL Filipina akan semakin erat.

BACA JUGA  Tasyakuran Hari Koperasi Nasional ke-75, DPRD Kota Bogor Dorong Kebangkitan Koperasi

Dalam penguatan kerjasama internasional dan diplomasi untuk menjaga stabilitas keamanan kawasan yang merupakan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., TNI AL akan terus meningkatkan peran diplomasi dan kerjasama dengan negara sahabat dalam bentuk latihan, patroli terkoordinasi, pendidikan dan kegiatan lain dalam mempererat mutual cooperation.

Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Share :

Baca Juga

Jakarta

Aliansi Perdamaian dan Keadilan (ALIANSI PEREKAD) MEMBUAT SURAT TERBUKA

Jakarta

Sekjen Kemendagri Minta Jajaran Sekda Jalankan Tugas Bantu Kepala Daerah

Jakarta

Peduli Korban Gempa Cianjur, Propam Polda Metro Gerak Cepat Salurkan Bantuan

Jakarta

Halo Pa Kapolri : Nampaknya Pengusutan Kasus Penembakan Brigadir J Masih Misteri ???

Jakarta

Prewedding putra Presiden Jokowi Baju Saibatin, Edward Syah Pernong,Sehanguman,Sehukhian Kekhattu

Jakarta

Sekum PGI Mengajak Umat Kristen Mengembangkan Visi Kebangsaan Melawan Narasi Polisasi Identitas di Tahun Politik 2024

Jakarta

Puan Minta BLT Bagi Rakyat Kecil Segera Dicairkan dan Pengalihan Subsidi BBM Tepat Sasaran

Jakarta

Prajurit Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Bantu Puskesmas Layanani Posyandu Balita