Polsek Cibinong Bergerak Cepat Bubarkan Gerombolan Pelajar Bawa Sajam Hadiri Diskusi Publik Pekan HAM Kota Bogor, JM Ajak Partisipasi Masyarakat Jalankan Perda Perlindungan Disabilitas Peduli Korban Cianjur, DPRD Kota Bogor Salurkan Bantuan Melalui PWI dan Gerakan Anak Negeri Bertemu Pimpinan Parlemen Qatar, Puan Dorong Peningkatan Investasi di RI Presiden Jokowi Pastikan Pembangunan Rumah Warga Relokasi Gempa Cianjur Dimulai

Home / TNI

Minggu, 13 November 2022 - 19:59 WIB

TNI dan Warga Membangun Honai Bersama, Cermin Persatuan dan Perdamaian

Papua, (MGA) – Dalam rangka menjaga dan melestarikan kearifan lokal, personel Pos Kotis Mbua Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad membantu pembangunan Honai, Rumah adat asli Papua milik Bapak Aminus Kusumbre (45) bertempat di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad Letkol Inf Ricky J. Wuwung, S.Sos., M.I.P., dalam rilis tertulisnya di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua (13/11/22).

Dansatgas mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan program Binter Pos Kotis Mbua untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat setempat, karena disisi lain membatu masyarakat dalam membuat Honai tersebut sekaligus menjaga kearifan lokal yaitu rumah adat Honai yang selalu menjadi ciri Khas tanah Papua.

BACA JUGA  Prajurit Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha Bantu Padamkan Kebakaran Pondok Pesantren Al-Mizan

“Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Satgas TNI terhadap warga binaan yang tidak memiliki tempat tinggal atau honai yang layak untuk ditempati, terlebih hal ini turut menjunjung tinggi dan menjaga kearifan lokal masyarakat yang ada di pegunungan tengah Papua. Disisi lain, kami hadir di tanah Papua ini membawa kedamaian dan selalu berusaha memberikan solusi bagi sesama”, ungkap Dansatgas.

BACA JUGA  Karateka Yonif Raider 300/Bjw, Raih Juara 2 dan 3 Kata Beregu Kategori TNI-Polri Piala Kadisjas TNI AD

Dengan keterbatasan yang ada tidak menjadi batas akhir dari Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad untuk berbuat yang terbaik dalam membantu dan meringankan beban rakyat selama berada di wilayah penugasan. 

Potret kebersamaan antara warga dan personel Pos Mbua dalam proses pembuatan honai tersebut menggambarkan bahwa gotong royong masih tertanam dalam budaya dan menjadi tradisi masyarakat Papua, Mulai dari proses penyiapan kayu, penyiapan jerami, pemasangan kerangka honai dan pemasangan jerami sebagai atap, semuanya dilakukan bersama-sama.

BACA JUGA  Bantu Cetak Batako, Babinsa Wawotobi Beri Motivasi Kepada Warga Binaaan

Setelah honai selesai dibuat, tampak rasa puas dan senang dari Bapak Aminus Kusumbre (45) melihat honai sudah sempurna, kebahagiaannya diungkapkan melalui ucapan terimakasih kepada seluruh personel Pos Kotis Mbua yang sudah membantu dalam pembuatan honai tersebut. 

“Bapak sangat berterimakasih kepada anak-anak Pos, sudah mau bantu buat honai, bapak sangat senang Puji Tuhan, semoga Tuhan membalas kebaikan anak,” pungkas Aminus Kusumbre.

Autentifikasi Papen Satgas Yonif Raider 321/GT Letda Chk Arya Yudhistira, S.H.

Share :

Baca Juga

TNI

Jelang Kesiapan Piala Kasad Liga Santri PSSI Tahun 2022, Kajasdam XII/Tpr Pimpin Technical Meeting

TNI

Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty Menerima Kunjungan Kerja Danpusterad

TNI

Telusuri Kampung Ke Kampung, Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Bersama Warga Meriahkan HUT Ke-77 RI Di Papua

TNI

Memeriahkan HUT TNI ke-77, Digelar Karnaval Becak Hias Oleh Kodim 1012/Buntok

TNI

Ciptakan Papua Bersih, Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Kerja Bakti Bersama Warga

TNI

Patroli Di Wilayah Pasar Tradisional, Babinsa Jaga Silaturahmi Antara Pedagang

TNI

Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani Bantu Kegiatan Posyandu Bagi Ibu Dan Anak Di Perbatasan

TNI

Dansatgas Pamtas Yonif 645/GTY mengikuti Kunjungan Balas dan Kegiatan Unit Commanders Meeting (UCM) Seri 1/2022 di Kuching – Serawak Malaysia