Seorang Terduga Pelaku Curanmor Tertangkap Warga, Pihak Kepolisian Lakukan Penyidikan Percepat Realisasi APBD Sejak Awal Tahun, Kemendagri Turun Langsung ke Kota Sorong Ketiga kalinya Jasiman Sitorus, S.Kom., MM Terpilih kembali menjadi Ketum Sitorus Bogor Dohot Boruna Worskhop DPC AJWI, Bangun Sinergitas Dengan APWMI Dengan Memberikan Fasilitas Free Premi BPJS Bagi Peserta Pelatihan Llt Bupati Bogor Ingin Optimalkan Keberadaan Hutan Kota Pakansari Untuk Jaga Keseimbangan Ekosistem Lingkungan

Home / Nasional

Jumat, 5 Agustus 2022 - 23:56 WIB

TOP! WAMENKUMHAM LUNCURKAN IP MARKETPLACE DAN KUKUHKAN GURU KI (RUKI)

Bapak Wakil Menteri Hukum dan HAM, Eddy O.S. Hiariej, meresmikan peluncuran IP Marketplace dan mengukuhkan Guru Kekayaan Intelektual (RuKI). Kedua program tersebut merupakan program unggulan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

“Dalam rangka mempromosikan karya ataupun produk kekayaan intelektual agar berhasil dalam tahapan komersialisasi, IP Marketplace sebagai salah satu platform untuk mendukung pembiayaan berbasis kekayaan intelektual yang sesuai dengan amanat regulasi yang ada,” ujar Eddy dalam acara Rapat Kerja Teknis Penguatan Kinerja DJKI Tahun 2022 di Hotel Shangri-La Jakarta, Selasa, (2/8/2022).

Menurut Eddy, Platform IP Marketplace ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada pemilik kekayaan intelektual untuk mempromosikan karya intelektualnya kepada para calon investor.

BACA JUGA  Indonesia dan Vietnam Sepakati Kerja Sama dalam Sejumlah Sektor

Kemudian, Ia menjelaskan pengukuhan RuKI merupakan upaya yang dilakukan Kemenkumham melalui DJKI untuk melakukan sosialisasi kekayaan intelektual yang lebih masif melalui program DJKI Mengajar.

Eddy mengatakan para Guru KI berasal dari seluruh pegawai Kemenkumham di Indonesia yang telah mengikuti tahapan seleksi.

“Dengan kegiatan DJKI Mengajar yang akan berlangsung secara serentak di 33 provinsi dalam waktu dekat ini, maka kedepannya DJKI dapat menyiapkan kegiatan yang menarik untuk siswa-siswi kita dari SD, SMP maupun SMA agar mereka mengenal KI sejak dini,” katanya.

Berlangsung secara hybrid, pada Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh diikuti secara virtual oleh Kepala Kantor Wilayah Meurah Budiman, Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Sasmita, dan seluruh RuKI yang akan dikukuhkan.

BACA JUGA  Terima Pin Emas di Rapimnas SMSI, Kasad Ajak Insan Pers Tangkal Berita Hoaks

Pada kesempatan yang sama RuKI pada Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh dilantik secara bersamaan dan diharapkan dapat melakukan sosialisasi kekayaan intelektual kepada pelajar di Aceh.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Razilu menyampaikan bahwa Rapat Kerja Teknis Penguatan Kinerja Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Tahun 2022 dengan Tema “Kreatif & Inovatif, DJKI Berperan Aktif dalam Pemulihan Ekonomi Nasional” akan berlangsung sejak 2 Agustus hingga 5 Agustus 2022.

“Diharapkan melalui Rakernis yang berlangsung masih berdekatan dengan berakhirnya periode paruh pertama tahun 2022 ini dapat memacu kinerja DJKI dalam menuntaskan dan mensukseskan percepatan penyelesaian agenda-agenda Program Unggulan DJKI 2022 agar selaras dengan hasil yang diharapkan,” ungkap Razilu.

BACA JUGA  Evaluasi Kinerja Satu Tahun, DPRD Kota Bogor Gelar Acara Refleksi Kinerja Satu Tahun

Sebagaimana diketahui, selama paruh pertama 2022, DJKI telah berhasil menggelar program Yasonna Mendengar dan Roving Seminar KI di 2 kota, Mobile IP Clinic di 25 provinsi, sertifikasi 27 pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan tersebut telah secara langsung menyentuh masyarakat dan membawa dampak positif pada peningkatan pendaftaran/pencatatan KI.

Terkait keberhasilan beberapa capaian kinerja DJKI tahun 2022, Wamenkumham sendiri memberikan apresiasi kepada jajaran DJKI atas kesedian dan semangat memberikan kinerja terbaik sehingga berhasil mencapai target kinerja yang telah ditentukan.

DrsMeurqhBudimanSHMH

KemenkumhamAceh

KanwilAcehPastiBereh

pastiwbk

KumhamPasti

Share :

Baca Juga

Nasional

Pimpin Sidang P20, Puan Ingatkan Gangguan Rantai Pasok Pangan Harus Diatasi Bersama

Nasional

PDIP akan Gelar Peringatan Bung Hatta di Bulan Agustus, Ingatkan Pemikiran Sejumlah Tokoh Nasional

Nasional

Penerimaan Kantor Bea dan Cukai Merak Tahun 2022 sebesar Rp. 3.28 T atau 117.59% diatas target

Nasional

Dukung Dosis Keempat Vaksin Covid-19, Puan: Cakupan Booster Pertama Juga Harus Ditingkatkan

Nasional

Suksesnya Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2022 ” Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta Berikan Apresiasi

Nasional

KPK Tetapkan Bupati Bangkalan Sebagai Tersangka Mendapat Dukungan BPI KPNPA RI

Nasional

Tim Kemendagri Turun Ke Sulteng Monev dan Asistensi Serapan Anggaran, Pengendalian Inflasi dan Penguatan BUMD

Nasional

Kemendagri: Daerah Perlu Menyusun Perda tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi atau RUED-P